Megawati Keluarkan 7 Perintah untuk Kader PDIP, Soal Capres? Ini Isinya...

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menerbitkan surat perintah kepada para kader menjelang perayaaan HUT PDIP ke-50 pada 10 Januari 2023 mendatang. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan surat perintah Megawati diterbitkan hari ini (Sabtu) dan mengandung 7 poin perintah.

Hasto menjelaskan, di awal surat Megawati menyampaikan HUT PDIP ke-50 merupakan momentum yang sangat penting untuk menggelorakan semangat juang partai. 

Megawati, dalam suratnya, bernostalgia dengan menyebutkan sejarah perjalanan kepartaian mulai dari pembentukan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927, pembentukan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada 1973, hingga menjadi PDI Perjuangan (PDIP).

“Bahwa sehubungan dengan hal tersebut, maka selaku Ketua Umum PDI Perjuangan dengan ini saya sampaikan Perintah Harian Ketua Umum PDI Perjuangan,” bunyi surat perintah Megawati, Sabtu, 7 Januari 2023.

Adapun pada poin pertama, Megawati memerintahkan kader PDIP agar memperkokoh Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Kedua, Megawati meminta kader untuk menggenggam tangan persatuan dengan rakyat dan menjadikan partai sebagai kekuatan pemersatu bangsa.

Ketiga, Megawati menginstruksikan kader agar jiwa gotong royong terus digelorakan demi menghapus paham individualisme. Keempat, kader PDIP diminta menyalakan semangat api perjuangan dalam seluruh aspek kehidupan.

“Khususnya membangun semangat juang dari kalangan petani, nelayan, dan buruh untuk diorganisir menjadi pilar-pilar kekuatan nasional Indonesia bagi terwujudnya Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan,” kata Mega.

Kelima, Megawati meminta kader untuk mewujudkan semangat perjuangan partai menjadi satu kekuatan yang solid dengan terus bergerak ke bawah. Menurut Mega, hanya rakyat yang memegang kedaulatan politik tertinggi kekuasaan suatu negara.

Keenam, Megawati menginstruksikan kader partai untuk menghadirkan program konkret di tengah rakyat. Hal ini dilakukan melalui gerak kebudayaan membangun jati diri bangsa, gerakan mencerdaskan kehidupan bangsa, dan gerakan meningkatkan taraf kehidupan rakyat.

Adapun di poin ketujuh, Presiden RI ke-5 ini memerintahkan kader agar melanjutkan langkah rekruitmen, pendidikan politik, dan kaderisasi kepemimpinan secara sistemik. Dalam suratnya, Mega turut meminta kader memperkuat 5 mantap partai, yakni mantap ideologi, organisasi, kader, program, dan sumber daya partai.

“Demikian perintah harian Ketua Umum PDI Perjuangan untuk digelorakan semangatnya pada 10 Januari 2023, dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Mega.

PDIP bakal merayakan hari jadinya ke 50 pada 10 Januari mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta. 

Tema yang diusung adalah "Genggam Tangan Persatuan dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam" dengan Sub Tema "Persatuan Indonesia untuk Indonesia Raya".