Kaidah "Hukum asal Makanan adalah Mubah", Tidak Bisa digunakan untuk makanan yang menggunakan Gelatin sebelum dinyatakan gelatin yang digunakan adalah gelatin sapi

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kalau sudah ada informasi seperti ini maka kaidah "hukum asal makanan adalah mubah" tidak bisa digunakan untuk makanan atau kosmetik yang menggunakan gelatin sebelum dinyatakan gelatin yang digunakan adalah gelatin sapi, apalagi produk olahan dari Amerika yang basis gelatinnya dari kulit babi, gak bisa lagi makanan yang menggunakan gelatin dianggap mubah, wong indikatornya sudah jelas.

***

GELATIN

Secara umum, gelatin adalah zat yang diperoleh dengan mengekstrak kolagen dari tulang rawan atau kulit hewan, seperti sapi, ikan, dan babi.

Gelatin adalah zat yang banyak digunakan dalam makanan, obat-obatan, produk kesehatan dan kecantikan. 

Produk-produk gelatin

Menurut Produsen Gelatin Eropa (GME), saat ini 59% gelatin digunakan dalam produk makanan, 31% pada industri farmasi, 2% dalam proses fotografi serta kegiatan teknik dan 8% di sektor lain.

Selain produk makanan, gelatin terdapat dalam krim, lotion dan masker, sabun mandi, sampo dan hair spray, nutricosmetics. Selain itu dalam banyak kapsul serta tablet keras atau lunak untuk obat, dalam produk nutrisi olahraga, pakan ternak dan juga pada peptida kolagen.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa saat ini, di Amerika Serikat sebagian besar gelatin berasal dari kulit babi sedangkan sapi adalah basis gelatin di Perancis dan Inggris. Namun, itu tidak berlaku untuk seluruh Eropa. 

Menurut perusahaan riset pasar yang berbasis di AS dan India, Grand View Research, "Segmen gelatin dari kulit babi memegang pangsa pendapatan terbesar pada 2018 dan kemungkinan diperkirakan akan mempertahankan dominasinya selama tahun-tahun. Eropa adalah pasar terbesar untuk penggunaan kulit babi sebagai bahan baku untuk pembuatan gelatin dan diperkirakan akan mempertahankan posisinya selama periode yang diperkirakan,” menurut laporan penelitian pasar terbaru mereka.

Namun, mereka memperkirakan bahwa segmen gelatin dari bahan baku tulang sapi diharapkan akan mencatat tingkat pertumbuhan tertinggi, yaitu 5,5%. Menurut mereka, di pasar dunia gelatin dari tulang sapi dan kulit sapi lebih dominan daripada gelatin dari kulit babi.