'Di Negara Mana Harun Masiku Bersembunyi?'

[PORTAL-ISLAM.ID]  Harun Masiku disebut berada di luar negeri. Di negara mana tepatnya?

Sebagaimana diketahui, Harun Masiku tak ikut terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada awal Januari 2020. 

Saat itu KPK menjerat Wahyu Setiawan sebagai salah satu Komisioner KPU yang diduga menerima suap berkaitan dengan proses Pergantian Antar-Waktu (PAW) Anggota DPR RI.

Wahyu ditangkap bersama sejumlah orang lainnya tetapi tidak dengan Harun Masiku. 

Singkatnya, mereka ditetapkan KPK sebagai tersangka, termasuk Harun Masiku, sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP. 

Harun Masiku diduga terlibat suap untuk Wahyu demi menduduki kursi empuk di Senayan melalui proses PAW tersebut.

Sejak saat itu Harun Masiku bak ditelan bumi. Simpang siur kabarnya mulai dari berada di luar negeri, disembunyikan, bahkan telah meninggal dunia.

Berada di Luar Negeri

Jejak Harun yang berada di luar negeri ini awalnya sempat diungkap Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

"Info yang kami terima malah memang sejak sebelum adanya tangkap tangan, yang bersangkutan memang sedang di luar negeri," kata Ghufron kepada wartawan, Senin (13/1/2020).

Berdasarkan data Imigrasi, Harun tercatat meninggalkan Tanah Air sejak 6 Januari 2020, dua hari sebelum Komisioner KPU Wahyu Setiawan terjerat operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada 8 Januari 2020.

Terbang ke Singapura

Data dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menunjukkan Harun yang telah berstatus tersangka di KPK terbang ke Singapura.

"Tercatat berangkat menuju Singapura," kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang saat itu, Senin (13/1/2020).

Arvin menyebut Harun terbang ke Singapura pada 6 Januari 2020. Setelahnya, menurut Arvin, belum diketahui keberadaan Harun.

"Adapun pergerakan selanjutnya dan kapan kembalinya kami tidak bisa memastikan," ucapnya.

KPK Meminta Bantuan Interpol

Karena Harun Masiku tak kunjung ditemukan, KPK meminta bantuan Interpol. 

Harun Masiku dimasukkan pada daftar orang yang paling dicari atau red notice pada 30 Juli 2021.

Setahun berlalu, belum ada lagi perkembangan terkait keberadaan Harun Masiku. KPK saat itu mengaku belum tahu dimana Harun Masiku.

"Ya kan sampai sekarang belum ketemu. Lokasinya di mana kita juga belum tahu tapi upaya-upaya itu tetap kita terus lakukan," sebut Alexander Marwata selaku Wakil Ketua KPK pada wartawan, Selasa (26/4/2022).

"Cepat atau lambat yang bersangkutan ketemu langsung kita tahan," imbuh Alex.

KPK Sebut Harun Masiku Ada di Luar Negeri

Terbaru, KPK kembali menyebut Harun Masiku berada di luar negeri. KPK kini masih berkoordinasi dengan agensi luar negeri.

"Ada di luar negeri. Jadi, kami masih koordinasi dengan beberapa agensi dari luar negeri," kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, dilansir Antara, Kamis malam (5/1/2023).

Asep tidak menyebut negara mana Harun bersembunyi. Namun, ia memastikan yang bersangkutan ada di luar negeri berdasarkan informasi yang diterima.

"Informasi yang kami terima begitu," ujarnya.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi hal tersebut. 

Hasto menilai Indonesia memiliki kerja sama internasional yang sangat baik sehingga menurutnya pengecekan dalam sistem pendataan akan cepat dilakukan.

"Ya nanti tanya ke beliau saja, beliau di mana. Kan kita punya kerja sama international dengan sangat baik. Apalagi kalau di luar negeri, kan sistem pendataannya, sistem fast," kata Hasto di Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (8/1/2023). [detik]