Qatar kini ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 setelah sukses di Piala Dunia 2022

[PORTAL-ISLAM.ID] Qatar dilaporkan siap mengajukan tawaran serius untuk menjadi tuan rumah Olimpiade di Doha pada 2036 setelah sukses menggelar Piala Dunia 2022.

Jika terjadi, ini akan menjadi negara Muslim pertama dalam sejarah yang menjadi tuan rumah Olimpiade.

The Sun melaporkan Doha akan dapat menjadi tuan rumah Olimpiade "berbiaya rendah" dan percaya Piala Dunia membuktikan kemampuan mereka menjadi tuan rumah acara olahraga global.

Dikatakan bahwa negara Teluk itu akan mengadakan Olimpiade pada bulan November, sesuai dengan Piala Dunia, meskipun itu bisa jadi rumit mengingat jadwal musim panas telah ada sejak dimulainya Olimpiade. Olimpiade Musim Dingin juga akan diadakan pada tahun 2034 dan 2038.

Doha dikatakan tertarik untuk melakukannya sendiri meskipun mungkin ada tekanan dari Komite Olimpiade Internasional untuk meluncurkan penawaran bersama dengan Arab Saudi.

Kemungkinan akan ada persaingan untuk Olimpiade pada tahun 2036, dengan Mumbai, Jakarta, dan Istanbul juga dilaporkan ikut serta.

Tapi itu tidak akan menghalangi negara Teluk yang siap mengatasi rintangan yang menghalangi jalan mereka, karena telah memiliki stadion dan sistem transportasi yang mengesankan sedang beroperasi.

Banyak yang percaya kompetisi olahraga telah sukses di Qatar di Piala Dunia 2022 ini.

Piala Dunia FIFA sekarang berada di babak perempat final.

Ada beberapa ketidakpastian tentang apa yang akan terjadi dengan stadion yang sengaja dibangun untuk Piala Dunia setelah selesai, tetapi infrastruktur dapat meningkatkan peluang negara itu untuk mengikuti Olimpiade.