Usai Spanduk Anti Anies Tersebar di Bondowoso, Warga Malah Berbondong-bondong Jadi Relawan Anies

[PORTAL-ISLAM.ID]   Belasan spanduk bernuansa ujaran kebencian, hoaks, dan menjurus ke SARA terpajang di Bondowoso, Jawa Timur justru membuat Anies Baswedan panen simpati dari warga.

Spanduk dipasang pihak yang tidak bertanggung jawab pada saat acara jalan sehat yang digelar oleh Pondok Pesantren Al Islah, Minggu, 13 November 2022. Ponpes ini diketahui mayoritas pendukung Anies Baswedan.

Ketua Jaringan Nasional Anies Baswedan (Jarnas ABW) Kabupaten Bondowoso, Haris Humaidi mengatakan, cara-cara tidak bermartabat dengan pemasangan spanduk tersebut justru membuat warga simpati pada cucu Pahlawan Nasional AR Baswedan. 

“Malah banyak simpati pada Pak Anies Baswedan,” katanya, Selasa, 15 November 2022.

Menurut dia, sejak kejadian yang viral tersebut, banyak yang menghubunginya. Mayoritas menanyakan kelanjutan atau update perihal spanduk yang dipasang di sepanjang jalan Bondowoso – Dadapan ini.

“Mereka yang menghubungi kami juga memberikan dukungan. Di media sosial juga banjir dukungan, tidak hanya dari kalangan santri, namun juga masyarakat umum juga memberikan dukungan,” ungkapnya.

Haris mengatakan, spanduk yang dipasang oleh pihak yang tidak bertanggung ini juga melahirkan empati kepada Anies Baswedan. “Karena faktanya masyarakat sudah cerdas, bisa menilai sosok Anies Baswedan yang sebenarnya. Sedangkan spanduk yang dipasang itu bertolak belakang dengan fakta yang ada,” jelasnya.

Jarnas ABW Bondowoso sendiri menyikapi pemasangan spanduk dengan cara santun. Pihaknya mengimbau warga dan simpatisan Anies Baswedan tidak terprovokasi dengan pemasangan belasan spanduk itu. “Kami tetap kalem, tidak terpancing. Kami tetap santun seperti yang dicontohkan Anies Baswedan selama ini,” ungkapnya.

Di sisi lain, Jarnas ABW Bondowoso memberikan statemen di media sosial jika spanduk tersebut tidak dilepas maka akan memperkarakannya ke jalur hukum. Bahkan pihaknya sudah siap melaporkan kasus ke polisi.

“Jadi spanduk itu dipasang pada dini hari, pagi harinya acara jalan sehat lalu sore hingga malamnya dicopoti oleh Satpol PP dan kepolisian,” jelasnya. [https://www.warta-berita.com/2022/11/usai-spanduk-anti-anies-tersebar-di.html]