Nasib JIS: Dulu Ditolak, Kini Dipilih PSSI untuk Piala AFF 2022

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - PSSI mengajukan Jakarta International Stadium (JIS) yang pernah disebut tak sesuai standar FIFA sebagai opsi kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

JIS menjadi pilihan PSSI bersama Stadion Pakansari (Bogor) untuk pilihan laga kandang Tim Merah Putih. 

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan tampil di Piala AFF 2022 pada Desember mendatang.

Piala AFF 2022 rencananya akan berlangsung 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 dengan sistem home-away.

Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Sebelumnya diberitakan Timnas Indonesia tidak bisa menggantikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai kandang saat Piala AFF 2022. Hal itu dikarenakan SUGBK harus steril jelang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Kepastian JIS diajukan sebagai calon kandang Timnas Indonesia disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule saat Rapat Kerja dengan Komisi X DPR di Jakarta, Selasa (8/11/2022).

"Kemarin kita ajukan dua tempat di Pakansari sama JIS," ujar Iwan Bule.

Menariknya JIS pernah digadang-gadang menjadi salah satu arena FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Curacao pada 27 September lalu. Namun PSSI membatalkan memakai JIS.

Saat itu PSSI mengklaim JIS tidak sesuai standar sehingga belum layak menggelar FIFAMatchday. Infrastruktur bangunan, lahan parkir, dan harga sewa yang dinilai terlalu mahal menjadi alasan PSSI mencoret JIS dari daftar arena.
Pembatalan dari PSSIitu mengundang reaksi dari berbagai kalangan, termasuk dari suporter di media sosial.

Pada akhirnya JIS tidak dijadikan pilihan oleh PSSI. Dua laga uji coba melawan Curacao berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Pakansari.

[Sumber: CNN Indonesia]