Jubir PKS: Koalisi dengan Nasdem, Demokrat Sudah 90 Persen, Bakal Cawapres Anies Diputus Bersama

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Kesepakatan koalisi Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah mencapai 90 persen.

Juru Bicara PKS M Kholid menilai dalam waktu dekat koalisi ini akan dideklarasikan. Sejumlah kesepakatan juga telah dirampungkan dengan sangat kondusif, guyub, dan saling menghormati sikap masing-masing partai. 

"Perjalanan di koalisi perubahan sudah 90 persen, jadi sudah banyak hal yang disepakati. Kami optimistis akan menemukan jalan yang terbaik," ujar Kholid, Sabtu (5/11/2022). Dikutip dari Kompas.com.

Kholid mengakui dalam perjalanan menuju koalisi ketiga parpol membahas soal kriteria cawapres dan mekanisme pemilihannya.

Ia juga optimis NasDem, Demokrat dan PKS dapat berkomitmen dengan keputusan yang diambil terkait capres dan cawapres yang akan diusung. 

"Kalau kriteria, dan mekanisme pengambilan keputusan disepakati, baik PKS, Nasdem dan Demokrat sama-sama berkomitmen untuk menerima hasil keputusan tersebut untuk diputuskan sesuai mekanisme internal partai," ujarnya. 

Sebelumnya seperti diberitakan, proses pembentukan koalisi PKS-NasDem-Demokrat masih mengalami tarik ulur. 

Ketiganya belum sepakat soal figur cawapres untuk menjadi pendamping Anies Baswedan yang diusung Partai Nasdem sebagai capres. 

Partai Demokrat ingin Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk mendampingi Anies, sementara PKS mengajukan mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di sisi lain Partai Nasdem memberi usulan agar figur cawapres tidak berasal dari parpol.(KompasTV)