Apa yang difikirkan oleh calon koruptor membaca berita ini?

Lihat bagaimana negeri ini memperlakukan koruptor. 

Apa yang difikirkan oleh calon koruptor membaca berita ini? Apakah mereka takut untuk korupsi atau justru sebaliknya? 

Ada 23 koruptor kompak dapat pembebasan bersyarat. Ada yang baru sebentar dipenjara udah bebas seperti jaksa Pinangki. Lebih untung korupsi daripada resikonya. Begitu kata peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) Zaenur Rohman. 

Iya sih. Korupsi mau hilang di Indonesia? Kalau kata Om jin, ngimpii. 

Fungsi hukum pidana dalam Islam itu ada dua, mencegah dan menghapuskan dosa. Ada pencuri (bukan koruptor) lalu diadili dan terbukti bersalah. Maka diterapkan almaidah 38, yaitu dipotong tangannya. Hukumannya harus disaksikan publik. Fungsinya adalah untuk mencegah yang lain melakukan hal sama. Apa enaknya tak punya tangan. Memang tak dipenjara tapi malu kalau ketemu orang. Maka orang-orang akan berfikir sejuta kali untuk mencuri. Mereka akan bekerja keras untuk mendapatkan yang halal saja. Fungsi pencegahan terjadi. Selain mencegah, hukum pidana Islam juga akan menghapuskan dosa. Ketika sudah dihukumi dengan hukum Allah, maka dosa mencurinya tak akan dihisab lagi. 

Saya tahu, ketika menulis ini ada saja yang komen bahwa Indonesia bukan negara agama. Saya tahu kok. Saya cuma menyampaikan yang saya ketahui saja jika negara mau menggunakan hukum Islam. Jika tak mau tak apa-apa juga. Namanya juga dakwah. Siapa tahu suatu hari nanti ada pemimpin yang benar-benar ingin memberikan solusi terbaik bagi setiap permasalahan bangsa dan pemimpin itu ingat bahwa ada yang pernah sampaikan bahwa Islam adalah solusi. 

Hukum Islam bukan hanya tentang potong tangan, rajam, atau qishas. Islam juga mengatur perekonomian, politik, pergaulan, dan yang lainnya. Kalau pakai istilah di Alquran namanya  Kaffah. Semuanya diatur oleh Islam. Ekonominya diperbaiki sehingga kesejahteraan itu diprioritaskan. Kalau udah sejahtera masak masih mau mencuri? Oh iya sih masih memungkinkan. Makanya ditanamkan juga nilai keimanan dan rasa takut kepada Allah.  Pokoknya jika Islam diterapkan secara kaffah akan nampak indah. Percaya?

(By Kak Oksa)

*fb