Sirkuit Mandalika Dicoret dari Lokasi Uji Coba Pramusim MotoGP 2023, Ini Alasannya...

[PORTAL-ISLAM.IDMotoGP telah merilis jadwal tes pramusim 2023 mendatang. Namun secara mengejutkan sirkuit Mandalika tiba-tiba lenyap dari agenda tes pramusim.

Seperti diketahui, sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat sebelumnya mengisi slot tes pramusim MotoGP 2022 yang digelar pada Februari lalu. Kemudian berlanjut balapan MotoGP Mandalika pada Maret 2022.

Sebagai gantinya, tes pramusim 2023 dialihkan ke Sirkuit Algarve, Portugal yang dijadwalkan berlangsung 11-12 Maret 2023. 

Selain Sirkuit Algarve Portugal, sirkuit lain yang tetap mengisi slot yaitu Sirkuit Sepang, Malaysia. Sepang menggelar tes pramusim pertama pada tanggal 10-12 Februari 2023. 
   
Kenapa Sirkuit Mandalika Dicoret dari Lokasi Uji Coba Pramusim MotoGP 2023

Sirkuit Mandalika dicoret dari lokasi uji coba pramusim MotoGP 2023. Arena di Nusa Tenggara Barat itu digantikan Sirkuit Algarve, Portugal.

Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah uji coba pramusim MotoGP 2022. Lintasan tersebut menemani Sirkuit Sepang, Malaysia, yang juga jadi lokasi uji coba.

Namun, seperti pada rilis resmi MotoGP, Senin (8/8/2022), uji coba pramusim 2023 tidak akan berlangsung di Sirkuit Mandalika. Sebab pramusim akan diadakan di Sirkuit Sepang dan Sirkuit Algarve.

Rencananya, uji coba pramusim akan dimulai dengan pengetesan awal atau Shakedown. Menurut jadwal, shakedown akan berlangsung di Sirkuit Sepang pada 5-7 Februari 2023.

Uji coba shakedown sendiri tidak akan diikuti oleh semua pembalap. Hanya penguji coba dan debutan saja yang diperkenankan untuk ikut serta pada shakedown selama tiga hari.

Sementara uji coba pramusim sendiri akan dimulai pada 10 hingga 12 Februari 2023. Baru pada uji coba kali ini, seluruh pembalap MotoGP diperkenankan untuk menjajal tunggangannya.

Kemudian pada uji coba pramusim kedua, lokasinya berpindah. Jika musim lalu di Sirkuit Mandalika, kini dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal pada 11 dan 12 Maret 2023.

Bukan tanpa alasan uji coba pramusim berlangsung di Sirkuit Algarve. Pasalnya, balapan pembuka MotoGP 2023 dijadwalkan berlangsung di lintasan sepanjang 4,5 km tersebut.

Dorna Sports Lebih Pilih Sirkuit Sepang daripada Sirkuit Mandalika

Dorna Sports sebagai promotor MotoGP telah mengumumkan jadwal tes pra musim MotoGP 2023, sayangnya sebagai promotor Dorna lebih memilih Sirkuit Sepang, ketimbang Sirkuit Mandalika dalam jadwal tes pra musim maupun tes shakedown.

Sepertu dikutip dari laman resmi MotoGP, Sirkuit Sepang masih tetap menyelenggarakan tes pra musim, sedangkan Sirkuit Mandalika, digantikan Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal sebagai venue alias tempat tes pramusim untuk tahun 2023 mendatang.

Tidak hanya menggelar tes untuk kelas utama MotoGP, Sirkuit Algarve juga akan menggelar tes pramusim pada kelas Moto2 dan Moto3. Selain itu, MotoGP Portugal juga akan menjadi balapan seri pembuka MotoGP 2023 yang akan berlangsung pada 24-26 Maret.

Sementara Sirkuit Sepang masih tetap menjadi pilihan Dorna Sports, dalam menggelar Shakedown test yang hanya dihadiri oleh pembalap rookie dan pembalap tes, dan uji coba pramusim pada tahun depan.

Berkaca dari tes pramusim yang digelar di Mandalika pada bulan Februari lalu, lintasan sepanjang 3,7 kilometer itu memang dibanjiri keluhan oleh para pembalap. Mereka menilai, kala itu trek Sirkuit Mandalika sangat kotor karena dipenuhi pasir dan kerikil yang masuk ke dalam lintasan.

Maklum saja, pada tes pramusim lalu, pembangunan sirkuit Mandalika belum sepenuhnya rampung. Lagipula tes pramusim MotoGP 2022 pada saat itu jadi kali pertama Mandalika menggelar event Internasional setelah dibangun.

Namun sirkuit Mandalika mampu berbenah dalam kurun waktu satu bulan setelahnya yang menjadi tuan rumah MotoGP 2022 seri ketiga.

Sirkuit Mandalika Tetap Gelar MotoGP 2023

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika tak lagi digunakan untuk pramusim MotoGP 2023. Akan tetapi, Sirkuit Mandalika tetap masuk dalam kalender MotoGP 2023.

Hanya saja, penyelenggaraan MotoGP Mandalika tahun depan bakal berbeda dengan tahun 2022. Balapan yang diwarnai dengan hujan badai dan dimenangkan oleh Miguel Oliveira tersebut berlansung pada Minggu, 20 Maret 2022 lalu yang merupakan seri kedua.

Direktur Utama (Dirut) Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria berharap MotoGP Mandalika 2023 digelar di pertengahan musim (bukan di awal musim seperti 2022). 

Salah satu alasan terkuat Priandhi Satria adalah pertimbangan mengenai jadwal bulan Ramadhan di tahun 2023 mendatang.

Sebab, Priandhi Satria menilai jika balapan di Mandalika digelar seperti jadwal tahun lalu maka akan berat bagi Indonesia sebagai negara muslim terbesar. Sebab, berdekatan dengan bulan Ramadhan, yang akan jatuh di awal April 2023.

Menurutnya, itu akan membuat antusiasme penonton berkurang. Apalagi, masyarakat Indonesia bakal fokus menyambut lebaran Idul Fitri tahun depan.

“Seri pertama dekat dengan bulan puasa, seri kedua di bulan puasa, seri ketiga setelah bulan puasa, apakah di negara yang muslimnya banyak ini mudah untuk menggelar MotoGP di waktu tersebut? Karena banyak orang yang menabung mendekati bulan puasa,” kata Satria Priandhi dalam keterangan MGPA, Rabu (10/8/2022).

Selain itu, jika balapan tersebut dihelat di bulan puasa, maka akan memberatkan para petugas dan juga panitia yang mayoritas beragama muslim. Selain itu, jika digelar setelah bulan puasa, maka para pecinta MotoGP Tanah Air mungkin masih berada di kampung halaman sehingga tak berkesempatan untuk menonton langsung para jagoan MotoGP beraksi di Mandalika.

“DI NTB Marshall dan petugas kebersihan bertugas dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam di bulan puasa. Seminggu setelah lebaran juga orang-orang masih banyak yang belum kembali dari kampung halamannya, jadi saya bersyukur pramusim dikasih ke orang lain dan kita dapat seri di tengah-tengah (musim) dan itu diprediksi bakal lebih seru dibanding awal musim,” ujar Priandhi.

“Jadi ya begitu kondisinya, kurang baik sepertinya kalau MotoGP Mandalika itu digelar di bulan puasa atau mendekati. Kita berharap semoga dapat balapan di tengah musim atau menjelang akhir lah,” imbuhnya.

*Sumber: 

Baca juga :