Siapakah Sosok Fahmi Alamsyah Yang Oleh TEMPO Disebut Penasihat Kapolri Yang Diduga Turut Menyusun "Kronologi" Kematian Brigadir J

Majalah TEMPO menyebut sosok Fahmi Alamsyah (penasihat Kapolri dari sipil) yang diminta Ferdy Sambo untuk menyusun skenario awal kronologi kematian Brigadir J.

"Peran Ferdy Sambo sudah terlihat dominan sejak awal. Selain menjadi dirigen dalam proses olah TKP, ia menyusun kronologi kematian Yosua. Ferdy disebut dibantu oleh sahabat dekatnya sekaligus penasihat Kapolri, Fahmi Alamsyah, untuk menyusun kronologi tersebut," tulis liputan Majalah TEMPO.

"Fahmi juga disebut sebagai orang dekat yang paling awal menerima kabar kematian Yosua dari Ferdy pada Jumat petang, 8 Juli lalu. Dia sempat menyambangi kantor Ferdy di Divisi Propam pada Jumat malam."

"Pada Sabtu, 9 Juli lalu, Ferdy meminta Fahmi menyusun kronologi kematian Yosua. Fahmi menyanggupi, lalu menyusun draf menggunakan telepon seluler. Ia mengirimkan draf awal ke akun WhatsApp Ferdy. Ferdy mengedit kronologi versi Fahmi, lalu menambahkan penjelasan soal Yosua yang melecehkan Putri Candrawathi."

"Kronologi ini yang kemudian disampaikan kepada Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo pada Ahad petang, 10 Juli lalu. Saat dimintai konfirmasi soal ini, Dedi menjelaskan beberapa hal. Namun ia meminta penjelasannya tak dikutip."

Adapun Fahmi tak membantah ataupun membenarkan informasi ini. “Saya tidak mau berkomentar,” kata Fahmi.

----

Dilansir Tribunnews, Fahmi Alamsyah adalah Penasihat Ahli Kapolri bidang Komunikasi Publik.

Fahmi Alamsyah adalah seorang penasihat Kapolri sejak tahun 2020.

Sebelum Kapolri dijabat Jenderal Listyo, Fahmi Alamsyah diangkat Kapolri saat itu Jenderal Idham Azis sebagai penasihat ahli Kapolri.

Pengangkatan Fahmi Alamsyah sebagai penasihat Berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor Kep/117/I/2020 yang diteken oleh Idham Azis pada 21 Januari 2020.