Menlu Turki dan Hamas bahas serangan Israel

[PORTAL-ISLAM.ID] ANKARA – Menteri luar negeri Turki berbicara melalui telepon pada hari Minggu dengan pemimpin politik kelompok perlawanan Palestina Hamas mengenai perkembangan terbaru di wilayah tersebut.

Mevlut Cavusoglu dan Ismail Haniyeh membahas serangan terbaru Israel di Gaza dan upaya serangan di kompleks Masjid Al-Aqsa, menurut sebuah pernyataan oleh Kementerian Luar Negeri Turki.

Minggu pagi, kementerian mengutuk upaya ratusan pemukim Israel untuk memaksa masuk ke kompleks Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki serta serangan Israel yang sedang berlangsung yang telah menyebabkan kematian warga sipil Palestina.

Pesawat-pesawat tempur Israel melanjutkan serangan udara di Jalur Gaza untuk hari ketiga pada Minggu dengan dalih mencegah “ancaman serangan” oleh kelompok Jihad Islam.

Setidaknya 43 warga Palestina telah tewas dan lebih dari 275 lainnya terluka dalam serangan Israel, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Serangan itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di seluruh wilayah Palestina menyusul penahanan pada Selasa lalu terhadap Bassam al-Saadi, 62 tahun, seorang pemimpin senior Jihad Islam, dalam serangan Israel di kota Jenin, Tepi Barat yang diduduki.