Yahudi Tidak Makan Babi

Yahudi Tidak Makan Babi

Jika menemukan logo Kosher (mirip logo halal versi yahudi) direstoran Mc Donalds, lu gak bakal menemukan Big Mac burger yang dicampur dengan lembaran keju. Kenapa begitu? Karena orang yahudi tidak boleh memakan daging dicampur dengan produk berbahan dasar susu. 

Yahudi memberi jeda waktu 6 jam saat mau mengkonsumsi daging dan susu, tidak boleh dalam waktu yang bersamaan. Jam 6 sore makan sirloin steak, itu berarti jam 12 malam baru bisa minum susu.  

Kosher berbeda dengan Halal, namun keduanya punya kemiripan. Sama seperti muslim, orang yahudi juga diharamkan mengkonsumsi daging babi. 

Yahudi ortodoks bahkan memiliki dua alat pencuci piring di rumahnya. Mencuci peralatan bekas memasak daging tidak boleh dicampur dengan gelas dan sendok bekas mengaduk susu. 

Yup. Yahudi punya aturan ketat terkait mengkonsumsi makanan, bahkan lebih ribet dari ajaran Islam. Pemisahan peralatan dapur dilakukan secara ekstrim: panci, kuali, piring, mangkok, tempat cuci, serbet harus dipisah dan diberi tanda berwarna.

Di Israel kini dijual sticker khusus untuk ditempelkan di atas peralatan makan dan masak. Warna merah dipakai untuk memasak dan memakan daging, warna biru untuk minum susu dan lain sebagainya. 

Otoritas yahudi sangat concern dengan aturan kosher. Sebuah lembaga dibentuk khusus untuk mengawasi pengolahan produk makanan dan minuman. Mereka memastikan hewan disembelih dengan tata cara agama yahudi, dimasak dengan peralatan yang tidak terkontaminasi dengan susu dan daging babi.  

Semua aturan untuk memproses makanan dan minuman itu disebut Kashrut. Produk yang dinyatakan memenuhi syarat disebut Kosher

"Ribet amat jadi yahudi. Gue mah mau makan apa aja hajaaar! Karena semua yang berkaki empat bisa dimakan, kecuali kaki meja. Hahaha.... " 

Ya itu kan persepsi lu. Kalau mengaku berjiwa pancasila, keribetan itu mesti dihargai sebagai bagian dari warna-warni dunia. Toh orang yahudi hanya ingin menjalankan aturan dalam agamanya. Tak perlu mengata-ngatai mereka kadrun, radikal, ekstrim atau "mabok agama".

Sebagian orang bisa makan apa saja. Namun adapula golongan yang mesti berhati-hati saat mau mengkonsumsi makanan. Hargai kebhinekaan. 

Jelas ya, yahudi adalah populasi yang identik dengan kosher, mereka tidak mengkonsumsi daging babi. Jika ada pihak yang menjual Kerupuk Babi made in Israel, Bipang asli Tel Aviv, sudah pasti orang yahudi seperti Gal Gadot akan tersinggung. Lu bisa diciduk oleh agen Mosad, tak lama kemudian ditemukan mengapung di comberan sudah menjadi mayat. Yup, seketat itulah orang yahudi menjaga ajaran agamanya dari penistaan. 

(Ruby Kay)