Mereka Adalah Saudara, Jangan Olok-olok dengan Sebutan Gurun

Mereka Adalah Saudara

Oleh: Anton Satria Prabuwono
(Professor di King Abdulaziz University)

Alhamdulillah. Pagi ini menguji Tugas Akhir mahasiswa Sarjana Teknologi Informasi. Seperti biasa menggunakan kostum batik khas Indonesia berpadu dengan mahasiswa yang memakai pakaian khas/resmi Arab Saudi.

Pakaian (batik) ini tentu menarik bagi mereka dan mengundang pertanyaan pakaian apa ini, apakah baju tradisional. Ya, pada momen tersebut saya berkesempatan untuk mengenalkan tanah air termasuk letak geografis dan budayanya kepada mereka.

Dan ternyata, salah satu mahasiswa tersebut, kakeknya berasal dari Indonesia. Inilah untuk kesekian kali berjumpa mahasiswa lokal yang nenek moyangnya asal Nusantara. Bahkan pernah ada mahasiswa yang fasih berbahasa Indonesia karena setiap tahun diterbangkan orang tuanya ke Jakarta untuk silaturahmi dan mengenal lebih dekat saudaranya.

Alangkah baiknya selalu mawas diri dan menjaga panggilan (sebutan) yang baik kepada mereka yang bermukim di gurun, karena kita bersaudara dan sebagian dari mereka bahkan sangat dekat kekerabatannya dengan orang-orang di tanah air.

Malu kita mengolok-olok, tapi ternyata saudara. Seperti menepuk air di dulang, terpercik muka sendiri.

#catatan_dari_kampus_tepian_laut_merah

24 Mei 2022

(fb penulis)