Megawati Tegur Ganjar soal Banjir Rob di Semarang

[PORTAL-ISLAM.ID]  SEMARANG - Banjir rob menerjang pesisir utara Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (23/5/2022) siang waktu setempat.

Banjir hingga ketinggian dua meter lebih melanda kawasan pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah, khususnya daerah di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas.

"Ketinggian banjir rob yang bersamaan dengan gelombang tinggi hari ini tercatat 210 centimeter," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Retno Widyaningsih di Semarang, Senin (23/5/2022).

Akibat banjir tersebut, ribuan pekerja dari sejumlah pabrik yang berada di kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, panik menyelamatkan diri.

Banjir rob di Semarang bukan kali ini saja terjadi. Pada 2021 lalu, banjir rob juga pernah terjadi.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat menegur Gubernur Jateng Ganjar Pranowo soal banjir rob di Semarang. 

Dalam acara Pelatihan Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami tahun lalu, Megawati mengaku sudah meminta Ganjar untuk membereskan masalah banjir rob di Semarang sejak awal mengusungnya sebagai gubernur.

"Itu, kan, dari awal kamu saya jadikan, kamu, kan, sudah pernah omongin, toh, urusan Pelabuhan Semarang dan sebagainya," kata Megawati saat memberikan sambutan, 4 Agustus 2021, dikutip dari kumparan.

"Gimana tuh Semarang. Karena saya bilang, mengko yen wis enek rob (kalau sudah ada banjir rob), nangis," jelas Megawati. 

Megawati juga mengatakan ia tak ragu menegur anak buahnya jika membuat kesalahan. 

"Saya kalau sama anak buah saya wani [berani] aku. Tapi kalau sama yang lain, sorry. Saya nanti dianggap opo. Gimana, tuh, Semarang?" tanya Megawati ke Ganjar.

Saat itu, Ganjar yang menghadiri acara secara virtual merespons Megawati dengan tersenyum dan mengangguk-angguk.