India, Tanpa Berisik Jadi Kekuatan Baru Dunia

India, Tanpa Berisik Jadi Kekuatan Baru Dunia 

Mengagetkan, tim Badminton India untuk pertama kalinya juara di ajang Thomas Cup, mengalahkan juara bertahan Indonesia 3-0. 

Namun ini hanyalah gejala kecil, dari keseriusan India mempersiapkan segala hal untuk menjadi negara terbesar dunia 2030.

India juga sempat membikin kaget World Population Review yang merupakan lembaga tink-tank berbasis di AS, dalam laporannya tahun 2019 lalu, kekuatan ekonomi India sudah masuk 5 besar dunia mengalahkan Inggris dan Prancis dengan PDB US$2,94 Triliun. India merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dunia selama 10 tahun terakhir mencapai 6-7%. 

Diam-diam India juga secara serius mengembangkan teknonologi Intelegen Artificial (Artificial Intelligence/AI) dengan investasi gila-gilaan. India sediakan anggaran 150 Juta USD untuk ini karena India menargetkan menjadi negara dengan teknologi AI terbesar. Bahka India melalui organisasi antariksanya bernama ISRO, telah meluncurkan 104 satelit dalam satu misi, ini memecahkan rekor dunia yang sebelumnya dilakukan oleh Rusia 2014 lalu. 

Bagaimana dengan Indonesia? 

Indonesia kehilangan 10 tahunnya. 2 periode Presiden Jokowi, dimana di periode ini, "Oligarki" rakus makan APBN, Indonesia 20% APBN Indonesia untuk membayar Bunga Hutang LN. Boro-boro mengembangkan teknologi, Pemerintah disibukan membangun beton gedung ibukota baru. Dan jangan berharap banyak, karena ngurus minyak goreng sampai sekarang juga belum ada titik terang. 

Semoga 2024 kita punya pemimpin baru, yang benar-benar baru, bukan pemimpin baru tapi dari kolam yang sama.

(Arka Atmaja)