Tagar #GoodByeJokowi Bergema, Tanggal 11 April BEM SI akan Demonstrasi Lagi

[PORTAL-ISLAM.ID]  Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan melakukan aksi serentak menuntut jawaban pemerintah terkait beberapa tuntutan. BEM SI ini secara terbuka mengajak seluruh BEM dari kampus se-Indonesia untuk melakukan aksi kolektif pada Senin 11 April 2022.

Seruan aksi ini tentunya mengajak aliansi BEM beberapa Kampus di Makassar. Selama ini, BEM dari beberapa kampus di Makassar seperti Unhas, UMI, UNM, UIN, Unismuh, Unibos dan kampus lainnya turut aktif dalam gerakan nasional.

Sebelumnya BEM SI telah melayangkan 6 tuntutan kepada Pemerintah RI pada 28 Maret 2022. Untuk menjawab tuntutan tersebut, Pemerintah diberi tenggat waktu hingga 11 April.

“BEM Seluruh Indonesia bersama Aliansi BEM PTMI (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Indonesia) mengajak Aliansi-aliansi dan kampus-kampus yang ada di seluruh indonesia yang belum tergabung dalam aliansi manapun untuk bergabung bersama BEM Seluruh Indonesia,” ujar Koordinator Media Luthfi Yufrizal dikutip di laman instagramnya, Senin (4/4/2022).

“Aliansi BEM Seluruh Indonesia bersama Aliansi BEM PTMI akan membuat gerakan, sebagaimana jawaban dari H+14 sejak hari yang telah dijanjikan oleh pak Jokowi menjawab 6 tuntutan rakyat terbilang 11 April mendatang,” sambungnya.

Berikut Tuntutan Mahasiswa:

1. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk bersikap tegas menolak, lalu memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode karena sangat jelas menghianati konstitusi negara.

2. Menuntut dan mendesak Jokowi untuk menunda, lalu mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah. Terkait dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi dan kebencanaan.

3. Mendesak dan menuntut jokowi untuk menstabilkan harga serta menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat. Kemudian, menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan lainnya.

4. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng serta mengevaluasi kinerja menteri terkait.

5. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia.

6. Menuntut dan mendesak Jokowi-Maruf untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan Janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

Melalui tuntutan ini, Mahasiswa seluruh Indonesia masih menunggu jawaban dan langkah strategis dari pihak pemerintah RI. 

Tagar #GoodByeJokowi Bergema

Di media sosial Twitter tagar #GoodByeJokowi bergema dan menjadi Trending Topik.

"Hal yg paling indah yang Gw harapkan dibulan Ramadhan ini adalah rezim ini tumbang, qobbull ya robb...🤲 #GoodByeJokowi," tulis akun @Android_AK_47.

Hingga pagi ini tagar #GoodByeJokowi masih menjadi Trending Topik dengan jumlah twit mencapai 15 ribu lebih.