Pasukan Rusia Tembaki Masjid Yang Menampung 80 Sarga Sipil di Kota Mariupol Ukraina

[PORTAL-ISLAM.ID] Aljazeera melaporkan Pasukan Rusia menembaki sebuah masjid di kota pelabuhan Mariupol, Ukraina selatan, tempat lebih dari 80 orang dewasa dan anak-anak mengungsi, kata kementerian luar negeri Ukraina, Sabtu (12/3/2022).

Kementerian mengatakan dalam sebuah tweet bahwa warga Turki termasuk di antara mereka yang mencari perlindungan di masjid ketika dibombardir.

“Masjid Sultan Suleiman dan istrinya Roxolana (Hurrem Sultan) di Mariupol ditembaki oleh penjajah Rusia,” kata kementerian luar negeri. “Lebih dari 80 orang dewasa dan anak-anak bersembunyi di sana dari penembakan, termasuk warga Turki.”

Tidak disebutkan apakah ada orang yang tewas atau terluka.

Ukraina menuduh Rusia menolak mengizinkan orang keluar dari Mariupol, di mana blokade telah menyebabkan ratusan ribu orang terperangkap. Sementara Rusia menyalahkan Ukraina atas kegagalan mengevakuasi orang.

Mariupol telah dikepung dan dibombardir selama lebih dari dua minggu oleh pasukan Rusia.

Situasi di kota pelabuhan yang strategis itu "putus asa", di mana warga sipil berusaha mati-matian untuk melarikan diri, tetapi tanpa air atau pemanas, dan kehabisan makanan, kata seorang eksekutif teratas Doctors Without Borders (Medecins Sans Frontieres, atau MSF) pada Jumat.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mentweet pada hari Jumat: “Mariupol yang terkepung sekarang menjadi bencana kemanusiaan terburuk di planet ini. 1.582 warga sipil tewas dalam 12 hari.”

Tiga orang, termasuk seorang anak, tewas ketika sebuah rumah sakit anak-anak di kota itu diserang pada Rabu, memicu kemarahan internasional.

Dengan latar belakang ini, upaya baru sedang dilakukan untuk membuka koridor kemanusiaan untuk memungkinkan warga sipil mengevakuasi kota menuju Zaporizhzhia, sekitar 200 km (124 mil) ke timur laut, kata Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk.

Selama berhari-hari, orang Ukraina mengklaim bahwa militer Rusia telah menggempur rute evakuasi, mencegah orang pergi.

Seperti hari-hari sebelumnya, koridor kemanusiaan juga akan dibuka kembali di sekitar Kyiv.

“Saya sangat berharap hari ini akan berjalan dengan baik, bahwa rute yang direncanakan akan dibuka dan bahwa Rusia akan memenuhi kewajibannya mengenai ketaatan terhadap gencatan senjata,” kata Vereshchuk dalam sebuah video yang diunggah ke situs web kepresidenan Ukraina.

Saat tentara Rusia terus maju dan mengepung Kyiv, serangan menghantam kota Vasylkiv pada Sabtu pagi, sekitar 40 km (24 mil) selatan ibukota.

Delapan roket Rusia menghantam bandara setempat sekitar pukul 7 pagi (05:00 GMT), yang "hancur total", kata walikota, Natalia Balassinovitch, di akun Facebook-nya.

Sebuah depot minyak juga terkena dan terbakar, katanya.

(Sumber: Aljazeera)

Baca juga :