[BREAKING] BEM SI Demo Geruduk Istana: Tolak Penundaan Pemilu 2024, Tolak 3 Periode, Tolak Pemindahan IKN

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar unjuk rasa di depan Istana Negara hari ini, Senin (28/3/2022) siang.

BEM SI akan menyampaikan empat tuntutan mereka dalam demonstrasi kali ini. Diantaranya:

1. BEM SI tolak penundaan Pemilu 2024

Dalam aksi unjuk rasa hari ini, BEM SI bakal menyampaikan posisi mereka menanggapi wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi tiga periode. Menurut Kaharuddin, BEM SI jelas menolak wacana tersebut.

"Untuk penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode, BEM SI bersikap tegas menolak karena mengkhianati konstitusi negara," ujar Koordinator Pusat BEM SI, Kaharuddin, kepada IDN Times.

2. BEM SI juga tak setuju dengan pemindahan IKN

BEM SI, sambung Kaharuddin, juga menolak pemindahan IKN dari DKI Jakarta ke Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur dilakukan sekarang ini karena masih pandemik.

"BEM SI meminta penundaan karena di kondisi pandemik saat ini rakyat lagi menderita, sehingga APBN haruslah digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dan hak dasar rakyat," ujar dia.

Kaharuddin mengatakan, BEM SI meminta pemerintah mengkaji ulang Undang Undang (UU) IKN yang menurut mereka memiliki pasal-pasal bermasalah, dan meninjau kembali berdasarkan aspek sosial ekologi, lingkungan, hukum, dan kebencanaan.

Mahasiswa lintas Provinsi

Kaharuddin menyampaikan aksi BEM SI ini diikuti mahasiswa tidak hanya dari Jabodetabek saja, tapi dari beberapa provinsi juga hadir.

"Akan ada 300 sampai 500 massa aksi yang bukan hanya datang dari BEM se-Jabodetabek saja, karena kampus dari beberapa provinsi ikut hadir juga," ucapnya.

[UPDATE]

Berikut video kondisi lapangan Demo BEM SI hari ini...

(Sumber: IDN Times)

Baca juga :