Salju Turun di Arab Saudi

[PORTAL-ISLAM.ID]  Fenomena salju yang turun di daratan Arab Saudi yang tandus kembali terjadi. Salju menutupi kota Tabuk di barat laut Arab Saudi pada hari pertama tahun 2022.

Salju menyelimuti bagian kota Tabuk di barat laut Arab Saudi pada Hari Tahun Baru, rekaman yang dibagikan secara online menunjukkan.

Orang-orang telah berbondong-bondong ke Jebel Al Lawz sejak Sabtu (1/1/2022), ketika salju mulai turun di sebagian besar wilayah.

Cuaca ekstrem membuat pasukan keamanan menutup jalan menuju daerah itu setelah ribuan penduduk dan pengunjung datang untuk menikmati pemandangan itu, kata laporan-laporan.

Lebih banyak salju diperkirakan turun di Jebel Al Lawz serta daerah pegunungan Al Dhahr dan Alqan pada Minggu pagi, dengan suhu diperkirakan turun di bawah 0 °C.

Pertahanan Sipil Arab Saudi mendesak pengunjung dan penduduk Tabuk untuk waspada di tengah jarak pandang yang rendah dan kemungkinan hujan lebat serta guntur diperkirakan akan berlangsung hingga Senin.

Jebel Al Lawz adalah sebuah gunung di barat laut Arab Saudi dekat perbatasan Yordania di provinsi Tabuk, sekitar 200 kilometer barat laut kota Tabuk.

Sementara itu, Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi mengatakan badai petir disertai hujan dan hujan es diperkirakan akan terjadi di Makkah, Al Bahah, Riyadh, Al Qassim, dan daerah lain di kerajaan itu.

Salju menutupi sebagian kota utara kerajaan tahun lalu. Terakhir kali Arab Saudi mengalami begitu banyak hujan salju adalah pada tahun 2018, ketika penduduk lokal dan turis melakukan aktivitas salju yang menyenangkan seperti naik kereta luncur dan adu bola salju.