Kazakhstan Darurat Nasional Akibat Rusuh Demonstrasi, Netizen Sindir Dubes Fadjroel Yang Baru Bertugas, Bawa Aura Negatif? πŸ˜ƒ

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kazakhstan menetapkan status darurat nasional setelah kerusuhan protes kenaikan harga bahan bakar gas LPG memicu pengunduran diri massal kabinet pimpinan Perdana Menteri Askar Mamim pada Rabu (5/1/2022).

Negara di Asia Tengah itu telah diguncang demonstrasi sejak awal Januari hingga banyak demonstran mulai menyerbu gedung-gedung pemerintah.

Pihak berwenang memutus akses internet dan telepon seluler secara nasional sebagai upaya meredam kerusuhan.

Sebelumnya, pihak berwenang Kazakhstan telah menetapkan status darurat di kota-kota besar seperti Almaty, Provinsi Mangystau, dan Ibu Kota Nur-Sultan.

Dikutip AFP, pihak berwenang pun memerpanjang status darurat menjadi secara nasional hingga 19 Januari mendatang, menurut laporan saluran televisi negara Khabar 24.

Status darurat ini juga menetapkan jam malam atau curfew mulai pukul 23.00 hingg 07.00. Pembatasan keluar masuk kota juga dalam pengawasan ketat.

"(Status darurat nasional) ini akan membatasi kebebasan bergerak, termasuk transportasi, larangan acara massal, acara keluarga yang terkait dengan kelahiran, pernikahan, bahkan kematian," bunyi laporan Khabar 24.

Saluran tv itu menuturkan status darurat diberlakukan demi memastikan "keamanan publik, memulihkan hukum, dan ketertiban, dan melindungi hak dan kebebasan warga negara."

Demonstrasi sudah berlangsung di kota Zhanaozen, Mangystau, sejak pekan lalu dengan jumlah massa yang tak signifikan.

Penyebab awal kerusuhan adalah lonjakan harga LPG di Mangistau. Wilayah ini disebut kaya akan hidrokarbon. Pemerintah memang kemudian menurunkan harga, tapi rakyat tak cukup puas dengan kebijakan itu.

Mulanya, harga LPG di angka 120 tenge atau sekitar Rp3.900 per lite. Pemerintah kemudian menurunkan menjadi 50 tenge atau sekitar Rp1.600.

Mangystau memang bergantung pada LPG sebagai bahan bakar utama kendaraan. Setiap lonjakan harga akan berpengaruh pada harga makanan dan kebutuhan lain.

Dubes Fadjroel Disindir Netizen

Berita kerusuhan dan darurat nasional Kazakhstan dikomentari netizen +62 yang menyindir Dubes Fadjroel yang baru ditugaskan di Kazakhstan.

"Daya rusaknya luar biasa juga nih orang. 🀣," kicau akun @hipohan.

"Selesai dilantik baru mulai dinas, sdh bikin onarπŸ˜‚
Auranya negatif banget apa yahπŸ™ŠπŸ™ˆ," timpal @SyaikhuMochtar.

Seperti diketahui, eks Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman dilantik menjadi duta besar (dubes) Kazakhstan pada Senin, 25 Oktober 2021.

Fadjroel mulai bertugas sebagai Dubes Kazakhstan pada akhir Desember lalu.
Baca juga :