[PORTAL-ISLAM.ID] Buzzer pada koar-koar kesetanan begitu ada satu sumur resapan di DKI yang ambles. Seperti mau kiamat aja.
Sementara proyek Triliunan kereta cepat China dimana tiangnya ambruk, buzzer pada mingkem.
Seperti ramai diberitakan, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tengah menjadi sorotan.
Pasalnya, beberapa waktu lalu viral di media sosial video yang memperlihatkan pembongkaran pilar (pier) dari proyek tersebut.
"Pekerjaan yg sia2. Pembongkaran Pier Kereta Cepat Indo-China (KCIC), konon katanya salah koordinat. Entah ada berapa titik Pier yg dibongkar... kerjaan triliunan.. Prestasi luar biasa," cuit netizen akun @AlBurhanCenter yang membagikan video di twitter, Rabu (8/12/2021).
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku pemilik proyek mengakui kelalaian dalam pengerjaan ulang (rework) pembongkaran pilar di Teluk Jambe, Karawang itu.
"Betul adanya bahwa saat dilakukan pekerjaan rework pembongkaran pier, kontraktor lalai dalam melaksanakan SOP, sehingga pier menimpa eskavator yang digunakan," ungkap Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangan resmi, Rabu (8/12/2021), seperti dilansir CNNIndonesia.
Seperti diketahui, biaya proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung yang digarap China membengkak sekitar US$ 1,9 miliar atau Rp 27,17 triliun menjadi Rp 113,9 triliun.
Bagaimana gak membengkak, kalau pengerjaannya amburadul seperti itu.
Dan biaya itu sekarang ditanggung APBN. Pakai duit rakyat. Yang untung China!
"Bodohnya adalah, ini baru ketauan pas udah jadi sampe top pier. Padahal tahapan sampe top pier tuh panjang banget, dari soil test, foundation works, pile cap, column concrete work juga pasti bertahap. Masa baru ketauan salah allignment pas udah top pier," komen @ini_bowo.
Tapi buzzer China pada mingkem. Mereka baru koar-koar kalau terkait Anies Baswedan.
Pekerjaan yg sia2. Pembongkaran Pier Kereta Cepat Indo-China (KCIC), konon ktnya salah koordinat. Entah ada brp titik Pier yg dibongkar😇😫😣 kerjaan triliunan 😡 Prestasi luar biasa. pic.twitter.com/pXPAdgrqBX
— #Nandang Burhanudin (@AlBurhanCenter) December 8, 2021
Bodohnya adalah, ini baru ketauan pas udh jadi sampe top pier.
— adiprabowo wicaksono (@ini_bowo) December 8, 2021
Tahapan sampe top pier tuh panjang banget, dari soil test, foundation works, pile cap, column concrete work juga pasti bertahap. Masa baru ketauan salah allignment pas udh top pier. https://t.co/NSZi2BLyRU