Sisi Menarik Pertemuan Erdogan-Biden di KTT G20

[PORTAL-ISLAM.ID]  Dalam KTT G20 yang berlangsung di Roma Italia kemarin, Erdogan menemui banyak pemimpin dunia.

Tapi bagi saya, yang paling menarik adalah saat Erdogan melangsungkan pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden.

Tidak ada yang tau apa yang dibahas Erdogan dengan Biden.

Tapi yang menarik dalam pertemuan ini adalah, Erdogan ditemani oleh Kepala Intelijen Turki Hakan Fidan.

Hadirnya Hakan Fidan disisi Erdogan dalam pertemuan dengan Biden tentu bukan sebuah kebetulan atau hanya sekedar basa basi.

Ini adalah sinyal tidak langsung Turki kepada AS agar tidak macam-macam dengan isu keamanan Turki menjelang pemilu 2023 nanti.

Kehadiran Hakan Fidan disisi Erdogan saat bertemu khusus dengan Biden adalah isyarat bahwa Turki akan menjaga keamanannya dari gangguan musuh, sekuat apapun musuh membuat makar termasuk AS.

Karena AS secara langsung dan tidak langsung saat ini mensupport oposisi Turki dan sedang bekerja secara rahasia agar Erdogan kalah dalam pilpres mendatang.

Kehadiran kepala intelijen Turki disisi Erdogan semalam adalah pesan langsung secara semiotika kepada Biden, bahwa AS jangan pernah berpikir untuk mengganggu stabilitas Turki atau ada harga mahal yang harus dibayar AS.

Sekarang, di Turki sedang dilangsungkan penyelidikan mendalam soal keterlibatan AS dan Israel di Turki lewat aksi beberapa agen intelijen Mossad Israel yang baru baru ini ditangkap oleh pemerintah Turki.

(Tengku Zulkifli Usman)