Sejarah Baru, Abdullah Hammoud Jadi Wali Kota Muslim-Arab Pertama di AS

[PORTAL-ISLAM.ID]  Nama Abdullah Hammoud menjadi perbincangan publik Amerika setelah memenangkan pemilihan umum di Kota Deaborn. Atas kemenangan itu, dia bakal menjadi wali kota Arab Muslim pertama di Negara Bagian Michigan, Amerika Serikat.

Hammoud mengalahkan pesaingnya wali kota petahana, Gary Woronchack, dengan perolehan suara sebanyak 55 persen pada Selasa (2/11/2021) lalu. Saat dia memasuki Balai Kota Deaborn pada awal tahun depan, dia akan menjadi orang Arab Muslim pertama yang memimpin hampir 110.000 warga Michigan.

“Untuk semua anak-anak muda yang telah berjuang karena takdir atau etniknya di sini, untuk semua yang pernah merasa jika nama kalian tidak diterima di sini, dan untuk para orang tua kami yang dipermalukan karena kemampuan bahasa Inggris kalian namun masih bertahan. Hari ini adalah bukti jika kalian adalah warga Amerika seperti yang lainnya,” ucap Hammoud dalam pidato kemenangannya di hadapan para pendukungnya dan warga Michigan, dikutip Aljazirah, Kamis (4/11/2021).

Hammoud berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya berprofesi sebagai pengemudi truk, sedangkan sang ibu menggeluti usaha kecil. Hammoud adalah anak kedua dari lima bersaudara dan memiliki istri bernama Fatima Beydoun.

Pria berusia 31 tahun itu menempuh pendidikan di Sekolah Umum Dearborn dan memiliki tiga gelar dari Universitas Michigan. Hammoud juga pernah menjadi anggota DPR Michigan dari distrik 15.

Kemenangan Hammoud tentu saja menarik banyak perhatian dan rasa bahagia para pendukungnya. 

“Akhirnya kami memiliki orang Arab Amerika yang berbicara untuk diri mereka sendiri, dipilih untuk masuk ke kantor, mewakili komunitasnya, dan mendapatkan pengakuan untuk hal ini, mendapatkan suara untuk mereka,” ucap Direktur Pusat Studi Arab Amerika di Universitas Michigan- Dearborn, Sally Howell, Sally Howell. [inews]