Pemerintah Inggris Minta Maaf Tuduh Pengkhotbah Muslim Ekstremis dan Setuju Bayar Kompensasi Atas Kerugian Akibat Tuduhan Tersebut

[PORTAL-ISLAM.ID]  LONDON – Pada hari Senin (15/11/2021), pemerintah Inggris menyampaikan permintaan maaf yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tanpa pamrih kepada Pemimpin Redaksi Islam21c, Dr Salman Butt.

Dalam siaran pers tahun 2015, Pemimpin Redaksi Situs Web Islam21c Dr. Salman Butt dijuluki oleh pemerintah Inggris sebagai orang yang melegitimasi terorisme.

Kasus ini kemudian dibawa ke pengadilan, dan terbukti Salman Butt tidak seperti yang dituduhkan pemerintah Inggris.

“Pemerintah menerima bahwa sepenuhnya salah untuk menuduh bahwa Dr Butt adalah pengkhotbah kebencian ekstremis yang melegitimasi terorisme dan oleh karena itu dia harus dilindungi,” kata Penasihat Hukum untuk Menteri Dalam Negeri Priti Patel di Pengadilan, Senin (15/11/2021).

"Pemerintah Inggris sangat menyesal atas kerugian yang ditimbulkan padanya dan khususnya untuk fakta bahwa tuduhan itu dibuat dan dipertahankan begitu lama,” lanjut Priti Patel. 

Selain itu, Sekretaris Negara untuk Departemen Dalam Negeri telah membayar sejumlah uang kompensasi yang tidak diungkapkan kepada Dr Butt, selanjutnya menghapus siaran pers yang menuding Dr Butt dari peredaran, dan setuju untuk membayar biaya hukum dalam masalah ini.

Sementara dalam laman berita di islam21c.com menuliskan sebuah hasil putusan pengadilan di Inggris. 

Di berita itu dinyatakan Pemerintah Inggris telah meminta maaf kepada Dr Salman Butt, Pemimpin Redaksi Islam21c, karena menyebutnya sebagai seorang ekstremis dalam siaran pers yang diterbitkan pada 17 September 2015 oleh Perdana Menteri David Cameron. 

Aidan Eardley, penasihat hukum untuk Sekretaris Negara untuk Departemen Dalam Negeri, menanggapi putusan pengadilan mengatakan: 

“Pemerintah menerima bahwa sepenuhnya salah untuk menuduh bahwa Dr Butt adalah pengkhotbah kebencian ekstremis yang melegitimasi terorisme dan oleh karena itu seseorang yang pengaruhnya terhadap siswa harus dilindungi”. 

"Sangat menyesal atas kerugian yang ditimbulkan padanya dan khususnya untuk fakta bahwa tuduhan itu dibuat dan dipertahankan begitu lama.” 

Pengacara Dr Butt, Tamsin Allen dari Bindman's LLP, mengatakan: 

“Hal yang paling mengejutkan tentang klaim ini adalah bahwa Menteri Dalam Negeri membela tuduhannya selama 5 tahun, meskipun diterima bahwa tuduhan yang sangat serius itu tidak benar. Hanya setelah dokumen mengungkapkan bahwa itu adalah kesalahan untuk memasukkan nama Dr Butt dalam publikasi bahwa dia (pihak kementrian dalam negeri, red) akhirnya kini dipaksa untuk menyelesaikan proses dan membayar jumlah yang sangat besar sebagai kompensasi kepada Dr Butt. Kami senang bahwa reputasi Dr Butt sekarang telah sepenuhnya dibuktikan.”

Atas putusan pengadilan ini dan permintaan maaf pemerintah Inggris, Salman Butt mengatakan, “Pertempuran panjang ini telah mengungkap banyak pengungkapan mengejutkan di sepanjang jalan. Salah satu pelajaran yang dapat diambil dari kasus ini, khususnya adalah betapa tidak berdasarnya gagasan ekstremisme”.

Butt percaya narasi ekstremisme adalah tuduhan untuk pembungkaman.

“Semakin banyak orang menyadari ekstremisme adalah istilah tidak jelas yang digunakan oleh pihak yang berkuasa untuk membungkam setiap pikiran, ide, atau ucapan yang tidak mereka sukai atau tidak dapat ditantang tanpa paksaan. Ini adalah kebohongan,” tambahnya.

[VIDEO - Ucapan Syukur Dr. Salman Butt atas kemenangan di pengadilan. "Ini adalah Kemenangan untuk kita semua," ujarnya]

[Wawancara Butt Tahun 2016 tentang Upaya Hukum Untuk Melawan Tuduhan Ekstirimisme]


Baca juga :