Keluarga Palestina Menyerahkan Uang Titipan Tentara Ottoman Yang Dititipkan 106 Tahun Lalu Saat Perang Dunia I

[PORTAL-ISLAM.ID]  PALESTINA - Sebuah keluarga Palestina telah mengembalikan sejumlah uang yang dipercayakan kepada mereka oleh seorang tentara Ottoman selama Perang Dunia I (1914 – 1918) kepada otoritas Turki dalam langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam sebuah upacara pada hari Kamis (4/11/2021) di Nablus, utara Tepi Barat Palestina, keluarga Al Aloul mempersembahkan uang tersebut kepada Konsul Jenderal Turki Ahmet Riza Demirer.

Keluarga tersebut mengatakan bahwa tentara Ottoman tersebut meminta mereka menjaga uangnya tetap aman selama Perang Dunia I yang menyaksikan akhir kekuasaan Turki di Palestina, tentara Ottoman itu berkata: "Jika kami kembali, saya akan mengambilnya kembali."

“Dia memberikannya kepada paman saya, dan sampai hari ini, uang itu tetap bersama kami. Kita tidak tahu apakah tentara Turki meninggal dalam perang atau meninggal setelahnya. Dan kami tidak tahu namanya, paman saya juga lupa," kata Raghib Helmi Al Aloul, Kamis (4/11/2021).

Al Aloul mengatakan jumlah uangnya mencapai 152 lira Utsmaniyah, sejumlah sejarawan Turki mengatakan memiliki nilai $30.000 pada saat itu, lebih dari 100 tahun yang lalu.

Uang itu disimpan dalam brankas besi di dalam pabrik keluarga.

Kunci brankas itu disimpan di lokasi lain.

Konsul jenderal Turki mengucapkan terima kasihnya kepada keluarga Palestina karena telah menjaga barang berharga dalam waktu yang lama, menekankan bahwa rakyat Palestina dan Turki memiliki begitu banyak hal untuk dibagikan.

Ottoman memerintah Palestina dari tahun 1516 hingga 1917 ketika mereka dipaksa keluar oleh Inggris setelah kalah Perang Duni I.

(Sumber: TRTWorld)