Disebut Saudara Oleh Dudung, Jubir KKB: Saudara Dalam Hubungan Apa? Itu Mimpi Hampa KSAD, Tak Akan Terwujud

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyebut dirinya Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menolak pernyataan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang menyebut kelompoknya merupakan saudara dan tak perlu diperangi. 

Juru bicara KKB Sebby Sambom menyatakan kelompoknya tidak memiliki sejarah tentang hubungan keluarga dengan orang Indonesia dan Asia. Menurut dia, orang Papua hanya memiliki sejarah keluarga dengan ras Melanesia di wilayah Pasifik.

"Saudara dalam hubungan apa?" kata Sebby kepada Era.id melalui pesan singkat pada Rabu (24/11/2021).

Dia memastikan pernyataan KSAD tidak akan pernah terwujud.

"Dan mimpi Kasad TNI itu menjaring angin dan mimpi hampa," tegas dia.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, mengingatkan para prajurit yang bertugas di Papua agar tidak memusuhi KKB karena mereka adalah saudara kita yang belum paham NKRI.

"Jangan sampai sedikit pun berpikiran bahwa KKB itu adalah musuh kita, mereka saudara kita yang belum paham tentang NKRI," kata Dudung di Jayapura, Selasa (23/11/2021).

Dengan begitu, Dudung meminta agar pemikiran prajurit yang ditugaskan ke Papua jangan pernah berpikir menjalankan tugas berperang. Ia lebih menekankan agar semua prajurit berpikir abdi negara yang bertugas menjaga keamanan sekaligus membantu pemerintah yang gencar melakukan pembangunan.

“Saya sudah sampaikan kepada pasukan yang melaksanakan tugas bahwa tugas di Papua ini bukan tugas untuk melakukan operasi perang, tetapi membantu Polri, membantu pemerintah daerah, untuk memulihkan jalur perekonomian, memulihkan situasi keamanan di sini," pesan Dudung.(era)