Youtuber Korea Masuk Islam: Finansial Tak Membuatnya Bahagia, Islamlah Sumber Kebahagiaan

Hwang Woo-Jong merupakan seorang Youtuber asal Korea Selatan. Ia dikenal karena kelancarannya dalam berbicara bahasa Indonesia. Di chanel Youtube ia dikenal dengan nama Ujung Oppa.

Youtuber ini kerap mengunggah konten video berbahasa Indonesia. Rupanya, ia merupakan lulusan S1 jurusan penerjemahan bahasa Melayu dan Indonesia. Ia juga mengajar bahasa Indonesia di Korea.

Namanya semakin menjulang sejak tampil dalam saluran YouTube channel Raditya Dika berjudul "Orang Korea Masuk Islam".

Selama 15 tahun terakhir, Ujung Oppa sering pulang-pergi dari Korea ke Indonesia. Awalnya, ia melakukan hal itu untuk urusan pekerjaan di bidang pendidikan, tapi kini ia justru memiliki banyak teman, bahkan fans. Akun Youtube Ujung Oppa telah memiliki 1,2 juta subscribers yang didominasi oleh orang Indonesia.

Menjadi Mualaf

Dalam sebuah video di akun YouTubenya, Ujung Oppa mengatakan bahwa keluarganya memiliki agama yang berbeda-beda. Awalnya ia memilih untuk mengikuti agama orangtuanya, yaitu Buddha. Namun, sejak SMA ia memilih untuk mengikuti ajakan temannya untuk masuk ke agama Protestan. Sedangkan sang adik tidak menganut agama apa pun. Hal tersebut dikatakannya sebagai hal yang biasa terjadi di Korea.

"Jangan heran ya. Orang Korea 50 persen lebih enggak punya agama. Lebih percaya leluhur dan nenek moyang," kata Hwang Woo-Jong.

Selanjutnya, ia menceritakan keputusannya untuk menjadi mualaf. Hwang Woo-Jong mengaku bahwa pengalamannya di Indonesia membuatnya akrab dengan agama Islam, seperti mendengar azan maupun sholawat. Ia mengatakan bahwa ia senang mendengar sholawat.

"Kalau dengar sholawat aku merasa tenang, bahagia, enggak tahu alasannya kenapa," kata Hwang Woo-Jong.

Alasan lain dia memutuskan menjadi mualaf adalah pengaruh sahabatnya di Korea. 

Kala itu, Hwang Woo-Jong meminta bantuan sahabatnya untuk melakukan liputan di masjid yang ada di Korea. Ia mengatakan bahwa ia ingin mengetahui bagaimana kegiatan orang Indonesia di sana.

Awalnya sahabatnya itu tampak 'ogah-ogahan', karena Islam di Korea masih sangat asing. Populasi muslim hanyalah 0,05% saja. Namun, sahabatnya itu akhirnya mengiyakan.

Hal yang membuatnya merinding, hanya dalam waktu dua jam saja berada di masjid, sahabatnya itu malah memutuskan mau masuk Islam saat itu juga. Hwang Woo-Jong sempat bertanya beberapa kali kepada sahabtnya itu apakah sudah benar-benar yakin untuk masuk Islam, tapi ternyata ia telah yakin.

Sahabatnya itu yang kini berganti nama setelah mualaf menjadi Muhammad Zon kemudian menikah dengan wanita bercadar asal Indonesia yang tinggal di Korea. Ia dipecat dari tempat kerjanya karena tidak mau minum alkohol dan makan babi.

Perjuangannya sangat keras menurut Hwang Woo-Jong, dan ia melihat Muhammad Zon tetap bahagia. 

"Auranya berubah, aku sering kontak video call, terus liat foto-fotonya dia," kata Hwang Woo-Jong menuturkan kondisi sahabatnya setelah jadi mualaf.

Dari sanalah ia bertambah yakin untuk memeluk agama Islam dan belajar lebih dalam lagi.

Hwang Woo-Jong sendiri mengatakan bahwa dirinya dulu tidak merasakan kebahagiaan meskipun memiliki kondisi finansial yang stabil. 

Namun, saat meilihat teman-teman yang beragama Islam, ia bisa merasakan kebahagian yang mereka miliki. 

Hal tersebut akhirnya membuat Hwang Woo-Jong alias Ujung Oppa merasa penasaran sehingga memutuskan untuk masuk Islam.

"Ujung Oppa juga ingin bahagia. Apa ya rahasianya dari mereka, bisa bahagia. Benar-benar bikin Ujung Oppa kepo. Tanpa paksaan, Ujung Oppa memutuskan untuk menjadi muslim. Dan kita sekarang brother (saudara). Untuk ke depan, Ujung Oppa akan bertemu ustad dan belajar pelan-pelan tentang agama Islam, akan membuktikan bahwa pilihan Oppa benar," ungkapnya.

Di akhir video, Ujung Oppa meminta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia untuk belajar agama Islam lebih baik lagi. Video itu kini telah ditonton hampir satu juta orang.(*)