Senator Bernie Sanders Menuntut Pemerintah AS Memberikan Dana Bantuan $ 1 Miliar Untuk Gaza, Sama Seperti Yang Diberikan AS untuk Israel

[PORTAL-ISLAM.ID] Memberi Israel tambahan $1 miliar dalam dana darurat akan "tidak berbudi" dan "tidak bertanggung jawab", Senator AS Bernie Sanders mengatakan dalam sebuah surat kepada Pemimpin Senat Chuck Schumer, sebelum pemungutan suara atas tagihan dana darurat $1 miliar untuk bantuan Iron Dome Israel .

RUU bantuan untuk Israel itu disahkan di Dewan Perwakilan Rakyat bulan lalu tetapi bukannya tanpa kontroversi. Beberapa anggota Partai Demokrat berhasil menghapusnya dari RUU pengeluaran sementara dan pindah ke RUU pertahanan tahunan.

Meskipun diharapkan akan ditandatangani oleh Senat, Sanders mengatakan dia akan mendukung dana tambahan untuk Iron Dome Israel tetapi sebagai penyeimbang dia juga menuntut komitmen bantuan $ 1 miliar yang sama untuk Gaza.

“Jika tujuan dari pendanaan tambahan ini adalah untuk membantu Israel mengisi kembali Iron Dome setelah perang yang terjadi pada bulan Mei, itu tidak bertanggung jawab jika kita tidak pada saat yang sama mengatasi kehancuran besar dan penderitaan yang disebabkan oleh perang itu terhadap orang-orang Palestina di Gaza," tulis Sanders dalam surat yang dilihat MEMO (8/10/2021). 

"Sama seperti kita berdiri dengan hak rakyat Israel untuk hidup damai dan aman, kita harus melakukannya untuk rakyat Palestina juga," tegasnya.

Sanders mencatat bahwa $ 1 miliar dalam pendanaan berada di atas $ 3,8 miliar yang telah diterima Israel setiap tahun dari AS sebagai bagian dari paket bantuan keamanan yang ditandatangani selama pemerintahan mantan Presiden AS Barack Obama.

Mendesak Pimpinan Senat AS Schumer untuk juga memberikan jumlah dana yang sama untuk Gaza, Sanders menunjuk kehancuran besar yang disebabkan oleh serangan Israel pada bulan Mei yang menewaskan lebih dari 248, termasuk 66 anak-anak, dengan lebih dari 1.900 orang terluka. Ada juga kerusakan parah pada rumah dan infrastruktur yang senator ingin AS atasi melalui pendanaan.

"Bagi kami untuk memberikan tambahan miliaran dolar dalam bantuan kepada Israel sementara mengabaikan penderitaan orang-orang di Gaza akan menjadi tidak berbudi dan tidak bertanggung jawab," kata Sanders.

(Sumber: MEMO)