Fenomena Munculnya Para Pendukung Penguasa Zalim Yang Menyiksa Rakyat

Fenomena Munculnya Para Pendukung Penguasa Zalim Yang Menyiksa Rakyat

Pada akhir zaman, kezaliman makin merajalela hingga orang-orang yang diberikan tugas untuk menjaga keamanan dan menumpas orang-orang yang melakukan kezaliman pun turut menjadi pelaku kerusakan. 

Mereka pun berubah menjadi orang-orang zalim yang melakukan penyiksaan terhadap rakyat. 

Dan ini fenomena yang banyak ditemukan di negara-negara muslim pada hari ini. 

Imam Ahmad, al-Hakim, dan at-Tabrani (dalam Alkabir) mengeluarkan hadits dengan sanad sahih dari Abu Umamah (ra) berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Nanti di akhir zaman akan ada orang-orang yang memegang cambuk laksana ekor sapi. Mereka keluar dalam kemurkaan Allah, dan pulang juga dalam kemurkaan Allah."

Sedang lafal al-Hakim "Akan keluar dari umat ini saat akhir zaman.... " (Silsilah Sahihah: 1893)

Imam Muslim mengeluarkan hadits dari Abu Hurairah (ra) bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

"Nanti saat umurmu panjang niscaya kamu akan lihat suatu kaum, mereka pergi dalam kemurkaan Allah dan pulang dalam laknat Allah, di tangan mereka ada cambuk seperti ekor sapi."

Dan juga mengeluarkan dari Abdullah bin Rafi', ia berkata, Aku mendengar Abu Hurairah (ra) berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Jika nanti umurmu panjang hampir pasti akan kamu temui suatu kaum yang di tangan mereka ada semacam ekor sapi. Mereka pergi dalam kemurkaan Allah dan pulang dalam kebencian Allah."

Seluruh hadits ini, meski tak ada penegasan bahwa kaum tersebut menyiksa rakyat, akan tetapi sifat yang melekat pada mereka yaitu adanya kemurkaan dan laknat menunjukkan bahwa mereka banyak berbuat kezaliman penganiayaan kepada rakyat. Bahkan Rasulullah SAW dalam hadits lain secara tegas menyatakan bahwa mereka menyiksa rakyat.

Imam Muslim mengeluarkan hadits dari Abu Hurairah (ra), Rasulullah SAW bersabda:

"Ada dua kelompok diantara penghuni neraka yang sebelumnya belum kulihat, pertama, kaum yang memegang cambuk layaknya ekor sapi yang dengannya mereka menyiksa manusia. Kedua, wanita-wanita yang memakai baju tapi telanjang, menggoda dan berlenggak-lenggok, kepalanya seperti punuk unta yang condong, tidak masuk surga dan tidak mencium wanginya, meskipun sungguh wanginya surga bisa tercium dari jarak sekian sekian... "
 
Imam Nawawi (ra) dalam Syarah Muslim (17/190) berkata:

"Hadits ini adalah satu diantara mukjizat kenabian. Dan sungguh benar-benar telah terjadi apa yang telah beliau kabarkan. Adapun orang-orang yang memegang cambuk maka mereka adalah centeng-centeng yang bertugas sebagai aparat keamanan."

Dan bahkan di sebagian hadits ada pernyataan bahwa mereka adalah aparat keamanan.

Dalam hadits yang dikeluarkan oleh Imam Ahmad dan at-Tabrani (dalam Alkabir) dari Abu Umamah (ra) dari Nabi SAW, beliau bersabda:

"Akan ada di akhir zaman aparat yang pergi dalam kemurkaan Allah dan pulang dalam kemurkaan Allah. Maka jauhilah olehmu menjadi bagian dari kawan-kawan dekat mereka."
(Silsilah Sahihah: 1813, Sahih Aljami': 3666) 
 

(Fairuz Ahmad)