Fahri Hamzah Diisukan Jadi Jubir Jokowi, Gantikan Fadjroel Rachman

[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan siapa juru bicaranya usai Fadjroel Rachman menjadi Duta Besar (Dubes) RI untuk Kazakhstan. Waketum Partai Gelora Fahri Hamzah dan mantan Jubir KPK Febri Diansyah saling dorong menjadi jubir Jokowi.

Saling dorong jadi jubir Jokowi itu diawali oleh Fahri Hamzah yang meminta agar Jokowi tidak salah memilih jubir yang ecek-ecek. Dia menyarankan jubir Jokowi bisa diemban Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung.

"Menurut saya harus diperkuat ya, jadi malah saya mengharapkan Menseskab merangkap jubir itu. Karena seharusnya, Juru Bicara itu harus punya akses kepada rapat kabinet," kata Fahri Hamzah di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/10/2021).

Fahri menilai jubir Jokowi selama ini tidak memiliki akses untuk mengikuti rapat kabinet. Kerja jubir seperti itu, menurut Fahri Hamzah, tak boleh lagi terjadi.

"Yang saya tahu selama ini jubir-jubirnya nggak ada yang punya akses ke rapat kabinet. Terus dia nyari-nyari berita sendiri di internet, di apa, terus dia baru ngomong, gitu loh. Nggak boleh," ujarnya.

Fahri mencontohkan Jubir Presiden Amerika Serikat (AS) yang disebutnya setingkat dengan menteri. Oleh sebab itu, jabatan yang memiliki tugas menyosialisasikan program pemerintah tak bisa diemban figur setengah hati.

"Jubir itu harus ada dalam rapat kabinet. Makanya di Amerika Serikat kan Jubir itu kan setingkat menteri, Press Secretary namanya ya kan. Harusnya begitu. Ya juga jangan taruh figur yang ecek-ecek juga harus betul-betul solid, supaya Presiden terbantu di dalam menyosialisasikan ide-ide pemerintah," ucapnya.

Lantas, apakah Fahri Hamzah tertarik menjadi jubir Jokowi? Fahri Hamzah menjawab dengan santai.

"Saya mau pensiun sampai 2024. Nanti 2024 kita tarung lagi," kata mantan pimpinan DPR RI periode 2014-2019 ini.

Eks Jubir KPK Sarankan Fahri Hamzah Jadi Jubir Jokowi

Mantan juru bicara KPK, Febri Diansyah, kemudian merespons ucapan Fahri Hamzah agar Jokowi tidak memilih jubir yang ecek-ecek. Febri menyarankan jabatan itu diemban oleh Fahri Hamzah.

Hal itu disampaikan Febri Diansyah di akun Twitter resminya, Senin (25/10/2021). Febri menyebut sosok Fahri Hamzah cocok jadi jubir Presiden.

"Saya kira @Fahrihamzah cocok menjadi Jubir Pak Jokowi, agar bukan ecek-ecek seperti yg disampaikan di sini," ujar Febri.

Fahri Balas Tunjuk Febri Jadi Jubir Jokowi

Fahri Hamzah kemudian membalas Febri. Fahri meminta agar Febri yang menjadi jubir Jokowi lantaran dinilai lebih cocok dan berpengalaman jadi Jubir KPK.

"Febri lebih berpengalaman menjadi jubir daripada saya. Jadi lebih cocok dia yang jadi jubir daripada saya," kata Fahri Hamzah.

Fahri Hamzah mengaku tidak ragu atas kapasitas Febri. Jubir Presiden, kata dia, punya peran strategis di publik.

"Kalau Fadjroel bisa, kenapa Febri tidak bisa?" kata Fahri.

Fahri yakin Febri Diasnyah bakal direspons positif oleh Istana jika melayangkan surat untuk menjadi Jubir Presiden Jokowi. Fahri menilai Febri sebagai sosok yang tenang selama menjadi Jubir KPK.

"Barangkali Febri kalau mau coba melamar ke Istana saya yakin akan diterima karena kemampuannya jadi juru bicara KPK sudah terbukti orangnya dingin," tuturnya.

Lantas siapa yang bakal menjadi Jubir Jokowi?

Tunggu sesaat lagi :)

(Sumber: Detik)
Baca juga :