Fadli Zon ke Yaqut: Menteri Kaya Gini Copot Saja!

[PORTAL-ISLAM.ID]  Anggota DPR RI, Fadli Zon menilai, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas layak dicopot dari jabatannya buntut dari ucapannya bahwa Kementerian Agama adalah hadiah negara untuk NU, bukan untuk Umat Islam.

“Menteri kayak gini dicopot segera saja. Legacy apa yang mau ditinggalkan di Kementrian Agama?” ujar Fadli Zon di akun twitternya, Selasa (26/10/2021).
 
Fadli Zon merasa heran dengan pernyataan tersebut. Sebagai pejabat publik, Menag harusnya pandai menempatkan diri dan jaga komunikasi.

“Menag ini sering salah menempatkan diri atau salah pernyataan,” kata Fadli Zon.

“Klaim ini perlu diklarifikasi termasuk oleh Pak Jokowi. Benarkah kementrian agama ini hadiah khusus untuk NU bukan untuk umat Islam secara keseluruhan atau umat beragama lainnya?” sambungnya.

Yaqut sendiri telah mengklarifikasi ucapannya. Dia mengatakan, pernyataan itu dia sampaikan dalam forum internal keluarga besar NU. Tujuannya untuk memotivasi para santri dan pesantren.

“Pertama, itu saya sampaikan di forum internal. Intinya adalah memberi semangat kepada para santri dan pondok pesantren. Itu sama kira-kira dengan pasangan masing-masing melihat rembulan 'dek, dunia ini milik kita berdua, yang lain cuma ngekos', salah gak pernyataan itu?” kata Yaqut kepada wartawan, Senin (25/10/2021). 

Klarifikasi Yaqut ini dinilai cuma ngeles.

"Ngelesnya kalah bajaj. Internal katanya. Dia lupa kalau sudah jadi pejabat publik dan diliput media. Yang jelas statemennya nga pantas lah sebagai pejabat publik," kata akun @panca66 di twitter yang membagikan video pernyataan Yaqut.