Taliban Siapkan Acara Pelantikan Pemerintahan Islam Baru Di Kabul

[PORTAL-ISLAM.ID]  KABUL - Kementerian Informasi dan Kebudayaan Taliban di Afghanistan sedang menggelar persiapan acara pelantikan pemerintahan Islam baru di Kabul.

Mereka menyiapkan segala macam hal yang akan digelar pada acara pelantikan yang akan diselenggarakan pekan ini.

Taliban menyatakan bahwa pembentukan pemerintah baru Afghanistan sedang dalam tahap akhir. Hal ini disampaikan oleh pihak Taliban ketika AS menarik pasukannya.

“Pemerintah akan terbentuk dalam beberapa hari ke depan,” Anas Haqqani, seorang pemimpin senior Taliban, seperti dikutip Al Jazeera, Rabu (1/9/2021).

Dia menambahkan bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan siapa yang akan menjadi bagian dari kabinet baru.

“Sekitar 90 hingga 95 persen sudah kami liput dan kami akan umumkan hasil akhirnya dalam beberapa hari ke depan,” katanya.

Haqqani berbicara kepada Al Jazeera sesaat sebelum pesawat militer AS terakhir berangkat dari Bandara Internasional Hamid Karzai mendekati tengah malam waktu setempat (19:30 GMT) pada hari Senin – secara resmi mengakhiri perang hampir dua dekade AS di Afghanistan.

Tembakan perayaan terdengar di seluruh Kabul setelah penarikan pasukan AS. 

Taliban dan para pendukungnya memulai perayaan saat tentara Amerika Serikat (AS) terakhir menaiki pesawat C-17 yang lepas landas dari bandara Kabul pada malam tanggal 30 Agustus.(*)