Ekonomi Turki Rebound Melonjak Tajam 21,7% Kuartal Kedua 2021

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ekonomi Turki rebound kuat pada kuartal kedua untuk tumbuh pada rekor kecepatan setelah penurunan tajam setahun sebelumnya yang disebabkan oleh pembatasan COVID-19, data resmi menunjukkan.

Produk domestik bruto (PDB) tumbuh besar 21,7% year-on-year (tahun-ke-tahun) pada periode April-Juni, Badan Statistik Turki (TurkStat) mengatakan pada Rabu (1/9/2021), menandai tingkat tertinggi dalam data yang kembali ke 1999.

Ekonomi tumbuh 1,8% tahun lalu, meskipun jatuh 10,4% pada kuartal kedua, satu dari sedikit secara global yang menghindari kontraksi tahunan di tengah kejatuhan pandemi awal.

Untuk memerangi kasus COVID-19 yang melonjak, Turki memberlakukan kembali jam malam, penguncian akhir pekan, dan penutupan restoran tahun ini, termasuk penguncian yang lebih ketat tetapi singkat pada bulan April dan Mei karena melonjaknya kasus COVID-19.

Tetapi manufaktur dan ekonomi yang lebih luas sebagian besar tidak terpengaruh oleh langkah-langkah tersebut, yang sepenuhnya dicabut pada bulan Juni.

Pertumbuhan pada kuartal kedua dipimpin oleh sektor jasa yang tumbuh 45,8% setiap tahun, diikuti oleh pertumbuhan industri sebesar 40,5% dan ekspansi sektor informasi dan komunikasi sebesar 25,3%.

Pertumbuhan yang melambat ditunjukkan oleh sektor real estate yang tumbuh 3,7%, konstruksi 3,1%, dan pertanian 2,3%.

Data kuartal kedua datang secara paralel dengan ekspektasi pasar. Menteri Keuangan Lütfi Elvan mengatakan pada bulan Juni bahwa tingkat pertumbuhan tahunan bisa melampaui 20%.

(Sumber: DailySabah)