Survei Capres 2024 Indostrategic: Prabowo 17,5%, Anies 17%, Ganjar Merosot 8,1%

[PORTAL-ISLAM.ID] Lembaga Indostrategic merilis survei elektabilitas calon presiden (capres) 2024. Hasilnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menduduki posisi teratas, disusul Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Survei ini dilakukan pada 23 Maret-1 Juni 2021 dengan total responden 2.400 yang tersebar di 34 provinsi. Survel dilakukan dengan metode multi-stage random.

Survei ini dilakukan secara tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin off error sebesar 2 persen.

Dalam survei ini, Prabowo mendapat suara 17,5%. Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam mengatakan popularitas Prabowo masih relatif tinggi. Khorul mengatakan angka itu bisa jadi modal Prabowo untuk maju capres 2024.

"Pak Prabowo relatif tergolong cukup konsisten berada angka paling atas, menunjukkan bahwa Pak Prabowo selalu mendapat porsi yang paling banyak meskipun kemarin mungkin ada kekhawatiran dan ada perspektif dari pendukungnya karena Pak Prabowo sudah bergabung ke pemerintah," kata Umam dalam konferensi pers virtual, Selasa (3/8/2021), seperti dilansir detikcom.

Posisi kedua disusul Anies Baswedan yang hasilnya tidak jauh beda dengan Prabowo, yakni 17,0 %. 

"Tapi kemudian nama Anies nempel dengan ketat, besar kemungkinan hal ini dipengaruhi dari peran yang bersangkutan dalam proses penanganan COVID," ungkap Umam.

Sementara, di posisi ketiga ada Ganjar Pranowo dengan hasil yang jauh di belakang cuma 8,1%.

"Ketiga, ada Pak Ganjar Pranowo, di basis pemilih Jawa relatif memberikan dukungan kepada Ganjar," lanjut Umam.

Berikut hasil lengkap survei Indostrategic:

Prabowo Subianto 17,5 %
Anies Baswedan 17,0 %
Ganjar Pranowo 8,1 %
Ridwan Kamil 7,0 %
Sandiaga Uno 6,8 %
Agus Harimurti Yudhoyono 6,4 %
Tri Rismaharini 4,1 %
Gatot Nurmantyo 1,8%
Khofifah Indar Parawansa 1,8 %
Erick Thohir 1,0 %

(Sumber: Detikcom)