Sprinter Malaysia Azreen Nabila Alias Tampil Berhijab di Olimpiade Tokyo 2020

[PORTAL-ISLAM.ID] Atlet lari cepat Malaysia Azreen Nabila Alias tampil berhijab di Olimpiade Tokyo 2020.

Ini adalah penampilan perdana Azreen di ajang bergengsi dunia Olimpiade.

Azreen berhasil finis kedua di babak penyisihan lari 100m dengan mencatatkan waktu 11,77 detik.

Dia melampaui rekor terbaiknya sebelumnya yaitu 11,81 detik, yang dia torehkan saat memenangkan medali emas di Perak Malaysia Games 2018.

Namun dua jam kemudian di ronde pertama heat enam, dia merosot ke posisi ketujuh dengan catatan waktu 11,91 detik, dan dengan demikian gagal lolos ke semifinal.

Pelatih Azreen, S. Balamurugan percaya bahwa dia memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi atlet top di masa depan.

“Dia hanya memiliki tiga minggu pelatihan, tetapi dia melakukan dua lari di bawah 12 detik. Untuk seorang debutan, dia menunjukkan keberanian yang luar biasa,” kata Balamurugan, yang percaya dia memiliki potensi untuk memecahkan rekor mantan pemain internasional G. Shanti 11,50-an.
  
***

“Tujuan saya adalah untuk terus meningkatkan kemampuan pribadi saya. Saya ambil pelan-pelan, mulai tahun depan 11,6 detik, Insya Allah,” kata Azreen ​​setelah berakhirnya putaran pertama lari 100 meter putri Olimpiade Tokyo 2020.

Atlet berusia 21 tahun itu mengatakan akan menggunakan pengalaman dan pelajaran yang didapat dari berkompetisi di ajang multi-olahraga terbesar di dunia itu untuk meningkatkan performanya.
“Saya sangat senang dengan penampilan saya hari ini karena saya berhasil mencatatkan catatan terbaik meskipun di balapan kedua (babak pertama), saya hanya bisa mencatatkan 11,91 detik."

“Saya awalnya gugup karena saya melawan sprinter dunia yang lebih cepat dari saya. Tapi saya bangga bisa bersaing dengan mereka di ajang bergengsi ini. Saya hanya fokus pada lari saya sendiri dan saya tidak memikirkan yang lain,” ujarnya.

Azreen Nabila juga mengatakan bahwa dirinya telah menetapkan target untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.

“Jadi, saya harus bekerja lebih keras dan meningkatkan kinerja saya di beberapa ajang besar tahun depan, seperti Commonwealth Games, Asian Games, dan SEA Games,” katanya. 

(Sumber: Bernama)