Pecahkan Rekor, Jakarta International Stadium Sejajar dengan Santiago Bernabeu

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) rampung tahun ini. Meski pembangunan stadion ini kerap diwarnai pro dan kontra namun proyek ini dianggap telah memecahkan rekor dunia.

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto mengatakan JIS masuk dalam 10 stadion terbesar dan termegah di dunia versi daily mail yang disejajarkan dengan Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid. Hal ini karena kedua stadion memiliki struktur atap yang mirip lantaran bisa buka tutup.

“Struktur space truss roof (milik JIS) yang bisa dibuka tutup ini merupakan yang terbesar dan terberat di Asia, bahkan dunia,” katanya dalam webinar Teknologi Lifting Rangka Atap 3.900 Ton, 9 Juli 2021 seperti dilihat di kanal YouTube Jakpro Group.

Heru menjelaskan tim konstruksi JIS sukses mencetak sejarah di dunia teknik sipil karena mampu mengangkat struktur atap stadion yang terberat dan terbesar di dunia ini setinggi 69 meter secara bersamaan. Rangka atap baja milik JIS memiliki berat 3.900 ton dengan bentang 270 meter.

Menurut Heru, rangka ini dirakit di bawah dan diangkat secara bersamaan untuk menjadi atap JIS. “16 titik harus diangkat secara sinkron, secara computerized setiap 5 milimeter hingga mencapai 96 meter,” tuturnya.

Dengan dilengkapi sistem atap buka tutup (retractable roof), JIS tidak hanya bisa menggelar pertandingan sepak bola saja, melainkan juga event besar lainnya, seperti pameran maupun konser musik.

Kesamaan lain dari JIS dan Santiago Bernabeu adalah kapasitasnya yang bisa menampung lebih dari 80 ribu penonton. Hal ini juga sudah memenuhi syarat untuk menyertakan stadion yang bisa ikut untuk Piala Dunia.

Selain itu, antara tribun penonton dan lapangan tidak memiliki sekat. Hal ini semakin menegaskan Jakarta International Stadium (JIS) seperti stadion-stadion yang berada di Eropa. [tempo]