Stadion Baru Persija Setara dengan Santiago Bernabeu Milik Real Madrid

[PORTAL-ISLAM.ID] Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS) bakal sejajar dengan Stadion Santiago Bernabeu milik Real Madrid.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PII, Heru Dewanto, bahwa atap Stadion JIS bisa buka tutup. Ia mengapresiasi capaian rangkaian pengangkatan rangka atap JIS yang sudah berhasil.

Menurutnya, hal ini merupakan karya monumental teknik sipil di Indonesia yang menuntut keahlian dan profesionalisme tingkat tinggi.

“Ini momen bersejarah karena JIS termasuk 10 stadion terbesar di dunia, paling tidak menurut media Daily Mail yang berbasis di Inggris,” ujar Heru, Sabtu (10/7/2021).

Bahkan, menurut Heru, JIS sejajar dengan Stadion Santiago Bernabeu milik klub Ibukota Spanyol Real Madrid lantaran struktur buka tutup atap yang mirip. Menariknya, Santiago Bernabeu juga tengah direnovasi.

Bedanya, pengangkatan atap stadion Santiago Bernabeu, di Madrid hanya seberat 700 ton dan dilakukan secara bertahap.

“Artinya struktur space truss roof JIS yang bisa buka-tutup merupakan terbesar dan terberat di Asia bahkan dunia. Ini heavy lifting menjadi capaian terbaik insinyur Indonesia,” jelasnya.

Stadion JIS ini nantinya akan diproritaskan untuk Persija Jakarta yang kini berlaga di Liga 1. Tak menutup kemungkinan tim nasional Indonesia juga bisa bertanding di sana.(FIN)