Situs Setkab Diretas, Pajang Foto Viral Lufti Alfiandi dan Pesan 'Indonesia Sedang Tidak Baik-baik Saja'

[PORTAL-ISLAM.ID]  Situs resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) yakni setkab.go.id diretas oleh hacker yang menamakan dirinya 'Padang Blackhat Anon Illusion Team, By Zyy Ft Lutfifake".

Saat dikonfirmasi, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono membenarkan bahwa situs Setkab telah diretas oleh oknum. “Iya dihack oleh orang,” ujar Heru kepada JawaPos.com, Sabtu (31/7/2021).

Heru menuturkan, pihaknya sudah memberitakukan kepada tim untuk segera membenahi website Setkab yang telah diretas oleh orang tidak bertanggung jawab tersebut. “Saya sudah sampaikan ke pejabat Setkab,” katanya.

Adapun situs setkab.go.id menjadi wadah untuk menginformasikan kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan juga para menteri di Kabinet Indonesia Maju tersebut.

Peretas memajang foto seorang demonstran yang tengah memegang Bendera Merah Putih di tengah lontaran gas air mata. Foto itu adalah Lutfi Alfiandi, pelajar yang turun aksi demonstrasi di Gedung DPR pada 2019 silam. Fotonya sangat viral saat itu.

Peretas juga menuliskan narasi bahwa kekacauan tengah terjadi dan Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Ia merujuk pada kebijakan pemerintah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tanpa Kompensasi apapun yang membuat rakyat Indonesia depresi.

“Kekacauan Dimana-mana, Indonesia Sedang Tidak Baik-Baik Saja. Rakyat Harus Dirumah Tanpa Ada Dispensasi Dan Kompensasi Apapun Yang Membuat Rakyat Indonesia Merasa Stress Dan Depresi. Penguasa menikmati Dunia nya sendiri Dengan Gaji Yang Mengalir Tiap Hari. Di mana Keadilan Di Negara Ini. Pancasila,” tulis peretas tersebut.

(Sumber: JawaPos)

*NB: Saat berita ini dipublis, situs setkab.go.id tidak bisa diakses.

Baca juga :