Sejak Kapan BIN Jadi Lembaga Survei? Rizal Ramli: Memang Pemerintah Indonesia Ajaib, Pantas Ambyarrr...

[PORTAL-ISLAM.ID] Ekonom seneior Dr. Rizal Ramli heran dengan pernyataan pihak Badan Inteligen Negara (BIN) yang klaim rakyat puas terhadap penanganan Covid-19. 

“Memang pemerintah Indonesia serba ajaib. Tidak ada diseluruh dunia, lembaga intel merangkap dan ‘menyamar’ jadi lembaga polling. Punya jurubicara pulak. Pantas ambyaar..,” kata Rizal Ramli, Minggu malam 26 Juli 2021.

Dalam berita itu disebutkan, juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Purwanto menyebut, analisa lembaganya menunjukkan masyarakat puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam menangani pandemi Covid-19.

"Mayoritas masyarakat puas terhadap kinerja Presiden dalam menangani wabah Covid-19," ujarnya lewat keterangan tertulis kepada Tempo pada Ahad, 25 Juli 2021. 

Padahal, hasil survei baru-baru ini yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) justru menunjukkan tren penurunan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden selama pandemi Covid-19. 

Survei yang dirilis pada 18 Juli 2021 ini menunjukkan tingkat kepercayaan publik kepada Presiden Jokowi dalam penanganan pandemi Covid-19 juga mencapai titik terendah selama empat bulan terakhir, turun dari 56,5 persen menjadi 43 persen.