Saran Rocky Gerung soal Penanganan COVID-19: Angkat Anies Jadi Presiden

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pengamat politik Rocky Gerung mengusulkan Anies Baswedan diangkat jadi presiden di masa pandemi COVID-19 ini menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usul itu disampaikan Rocky Gerung karena berdalih kecewa dengan cara pemerintah pusat dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

Usulan Anies jadi presiden gantikan Jokowi disampaikan Rocky Gerung dalam video yang diunggah di YouTube pribadinya, Senin.

Dalam video berjudul "Jokowi Lempar Handuk Saja, Angkat Anies Jadi Presiden di era Pandemi" tersebut, awalnya Rocky Gerung mengomentari soal kebijakan PPKM Darurat Jawa-Bali.

Rocky Gerung mengklaim, kebijakan PPKM Darurat tersebut sebelumnya telah diusulkan Anies Baswedan pada Mei 2021 lalu. Namun, kata Rocky, Jokowi menolak usulan Anies.

Rocky menilai, ditolaknya usulan Anies tersebut tak lain lantaran persaingan popularitas antara Gubernur DKI Anies Baswedan dengan Presiden Jokowi.

“Jadi tetap yang diusulkan Anies itu dianggap berbahaya karena soal tukar tambah popularitas,” ujar Rocky Gerung.

Dia pun menilai, pemerintah pusat masih menganggap Anies Baswedan sebagai pesaing dalam komunikasi dengan publik.

“Dia (pemerintah pusat) masih melihat background politik dalam berkomunikasi dengan publik, apalagi dengan Jakarta. Ini terus menerus dalam dua tahun ini Anies seolah dianggap sebagai pesaing,” tuturnya.

Selain itu, Rocky juga menilai bahwa Jakarta memang harus dikelola secara darurat oleh Anies yang dari awal sudah membuat prediksi terkait lonjakan kasus COVID-19 di Jakarta.

“Jakarta itu harus dikelola secara darurat oleh Gubernur dari awal sudah bikin prediksi COVID-19 akan melonjak,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Rocky Gerung juga mengusulkan agar Presiden Jokowi lebih baik diganti dengan Anies Baswedan untuk menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Karena itu saya usul saja Anies diangkat saja sebagai Presiden di era COVID-19,” pungkas Rocky Gerung. (*)