Mahfud MD Hadapi Pandemi Covid-19: Dulu Joget TikTok, Kini Nonton Ikatan Cinta

[PORTAL-ISLAM.ID]  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD kembali menjadi perbincangan publik karena sikapnya dalam menghadapi krisis pandemi Covid-19.

Indonesia sedang mengalami lonjakan kasus Covid-19 akibat munculnya varian virus Delta yang memiliki daya tular lebih cepat. 

Lalu pemerintah menerapkan PPKM Darurat, dimana akibatnya banyak rakyat yang susah nyari nafkah, yang ngotot dagang ada yang dihajar oknum aparat, ada pula pedagang kecil tapi didenda hingga 5 juta dan akhirnya milih dipenjara. Boro-boro bayar denda 5 juta, buat makan sehari-hari saja sudah kembang kempis.

Namun, di tengah situasi krisis seperti itu, Mahfud MD sebagai pejabat publik berkicau di akun Twitter pribadinya yang asyik nonton sinetron Ikatan Cinta selama PPKM Darurat.

"PPKM memberi kesempatan kpd sy nonton serial sinetron Ikatan Cinta. Asyik jg sih, meski agak muter-muter. Tp pemahaman hukum penulis cerita kurang pas. Sarah yg mengaku dan minta dihukum krn membunuh Roy langsung ditahan. Padahal pengakuan dlm hukum pidana itu bkn bukti yg kuat," kicau Mahfud MD, Kamis (15/7/2021).

Kicauan Mahfud MD itu sontak dibanjiri kritik warganet (netizen) yang menilai Mahfud MD tidak peka dengan penderitaan yang dirasakan masyarakat saat ini.

"Saya kira ikut memikirkan nasib rakyat yg tunggang langgang nangis darah karena pandemi, nasib rakyat yg meraung karena tdk peroleh tempat di RS, nasib rakyat yg ngap-ngapan mencari oksigen, nasib rakyat yg dagangannya diobrak-obrak Satpol PP, nasib rakyat yg kehilangan pekerjaan karena PPKM darurat ......eh ternyata malah enak2 nonton sinetron.

Harusnya media massa jadikan ini HL, atau berita besar soal sikap seorang pejabat negara yg digaji rakyat di saat pandemi malah ongkang2 nonton sinetron, sementara di luar sana rakyat glojotan mempertaruhkan nasib dan nyawanya..," ujar aktivis kemanusiaan Naniek S Deyang di akun facebooknya menanggapi Mahfud MD.

Bukan kali ini saja Mahfud MD dikritik netizen karena sikapnya dalam menghadapi krisis pandemi Covid-19.

Pada bulan Maret 2020, saat kasus Covid-19 pertama kali muncul di Indonesia, Mahfud MD juga mendapat kritik lantaran terkesan tidak serius dalam menghadapi Covid-19 setelah mengunggah video dirinya sedang joget TikTok bersama belasan orang tanpa jaga jarak. Mahfud MD bahkan sesuambar jangan takut corona.

"Jangan takut sama virus Covid 19 kalau Anda tetap bugar dan sehat. Virus apapun tak akan mendatangi Anda kalau rajin berolahraga," tulis Mahfud MD dalam unggahan video itu.