Kejutan Besar dari Kolam Renang Olimpiade Tokyo! Remaja Tunisia Ahmed Hafnaoui Merebut Emas 400m Gaya Bebas Kalahkan Para Juara Dunia

[PORTAL-ISLAM.ID] Nama Ahmed Hafnaoui menjadi perbincangan dunia setelah berhasil meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020, Jepang hari Minggu (25/7/2021).

Remaja berusia 18 ini merupakan perwakilan atlet renang dari Tunisia.

Dia mampu tampil mencengangkan di 50 meter terakhir demi menyentuh waktu 3:43.36 dari nomor 400 meter gaya bebas putra.

Ahmed Hafnaoui bahkan berenang dari lintasan non medali, bukan dari lintasan 5 atau 4 yang hampir selalu menjadi jaminan medali emas.

Dia memulai lomba Minggu pagi di Tokyo Aquatics Centre itu dari lintasan 8!

Tetapi luar biasa. Remaja usia 18 tahun dari Tunisia itu menjadi atlet pertama di kolam renang Tokyo 2020 yang membuat kejutan.

Dari lintasan 8 itu dia menyisihkan nama-nama besar seperti juara dunia Jack McLoughlin dari Australia dan perenang Jerman Henning Bennet Muhlleitner serta Felix Auboeck dari Austria yang berenang di lintasan emas 4 dan 5.

Memang bukan rekor Olimpiade, dan apalagi bukan rekor dunia, tetapi waktu yang dia bukukan 3 menit 29,69 detik adalah yang tercepat dalam final 400 meter gaya bebas putra Olimpiade Tokyo itu.

McLoughlin sendiri tercecer 3,7 detik di belakang Hafnoui sehingga harus puas mendapatkan medali perak, sedangkan Kieran Smith dari Amerika Serikat kebagian medali perunggu setelah menjadi perenang ketiga tercepat yang menyentuh dinding kolam.

"Saya sungguh tak percaya. Ini mimpi yang menjadi kenyataan. Luar biasa, ini lomba terbaik saya," kata Ahmed Hafnaoui seperti dikutip BBC.

"(Yang saya lakukan) Saya hanya memasukkan kepala saya ke dalam air dan (berenang) hanya itu. Saya tidak bisa mempercayainya. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya juara Olimpiade sekarang," ujarnya.
Prestasi emas itu adalah terobosan besar bagi perenang muda, yang memiliki sedikit pengalaman di panggung dunia. 

Ahmed Hafnaoui merupakan pria kelahiran 4 Desember 2002.

Hafnaoui sendiri diketahui berkompetisi di ajang dunia sejak usia 16 dalam Kejuaraan Dunia 2018 (SC) di 400 meter dan 1500 meter. Tetapi pada saat itu ia gagal mencapai final di kedua even tersebut. 

Pada tahun 2019, ia menduduki peringkat 100 dalam gaya bebas 400 meter putra.

Namun Ahmed selalu berusaha menampilkan yang terbaik untuk negaranya. Dan akhirnya dia mewujudkan mimpinya itu.

[Video - sorak sorai Keluarga Ahmed Hafnaoui saat penayangan live TV berlangsungnya pertandingan]