Jokowi Blusukan ke Jakarta Bagikan Sembako dan Paket Obat, Anies Tampak Sedih....

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tadi malam blusukan ke permukiman warga di kawasan Sunter Agung, Jakarta Utara (Jakut). Jokowi membagikan sembako dan paket obat untuk pasien COVID-19.

Kunjungan Jokowi itu terlihat dalam video yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/7/2021). Jokowi datang ke Sunter Agung sekitar pukul 20.52 WIB.

Jokowi yang mengenakan jaket berwarna cokelat itu tampak berkeliling meninjau situasi. Dia kemudian membagikan langsung sembako ke rumah warga.

"Malam hari ini (Kamis, red) saya berada di Kampung Sunter Agung dalam rangka mengawali pemberian sembako kepada masyarakat yang ini nanti akan diberikan menyeluruh, yang sudah kami siapkan 200 ribu ton beras yang akan disalurkan nanti dari Kepala Bulog," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga membagikan paket obat kepada warga yang terpapar COVID-19. Ada beberapa paket obat yang disiapkan.

"Saya juga membagikan apa itu paket obat baik yang untuk gejala ringan paket satu dan paket dua gejala sedang dan juga paket ketiganya. Yang pada awal ini kita akan membagikan 300 ribu paket obat itu kemudian nanti minggu depan akan diteruskan untuk paket kedua 300 ribu yang berikutnya," ujar Jokowi.

"Kita harapkan dengan pembagian sembako ini dan juga paket obat-obatan serta vitamin dan suplemen itu masyarakat bisa lebih tenang dalam menghadapi penyebaran pandemi COVID-19," imbuh Jokowi.

Anies Baswedan Sedih 

Sementara itu, di hari yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Suzi Marsitawati meninjau Taman Pemakaman Umum (TPU) khusus COVID-19 di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021) sore.
Dilatari ufuk senja, wajah Anies terlihat sedih menyaksikan luasnya keterisian lahan TPU Rorotan oleh petak-petak makam jenazah korban keganasan COVID-19 di ibu kota.

Padahal, TPU Rorotan Februari 2021 masih berupa lahan kosong yang dikelilingi hamparan sawah sejauh mata memandang.

"Kini sejauh mata memandang hanya hamparan liang kubur," ujar Anies dalam acara Doa dan Zikir Bersama yang diselenggarakan Korps Muballigh Musyawarah Indonesia secara virtual, Kamis (15/7/2021).

Tidak sampai di situ, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada periode kepemimpinan pertama Presiden Joko Widodo itu juga memberikan makanan kepada petugas pemakaman.

"Selamat bertugas, jaga stamina, dan jaga kesehatan," ujar Anies berpesan.

Anies Baswedan menyampaikan bahwa pada Rabu (14/7/2021) petugas memakamkan jenazah dengan menggunakan protokol COVID-19 hingga mencapai 306 jenazah.

Menurut Anies, angka tersebut bukan sekadar angka statistik, melainkan kondisi yang sangat menyedihkan yang benar dialami DKI Jakarta.

(Sumber: Detikcom, JPNN)