Christ Wamea: Rezim aneh, saat rakyatnya dibatasi mencari nafkah, tapi WNA dibiarkan masuk untuk bekerja

[PORTAL-ISLAM.ID] Kedatangan TKA China bikin heboh karena terjadi saat pemerintah sedang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Jawa dan Bali.

Saat rakyatnya sendiri dibatasi untuk mencari nafkah karena aturan PPKM Darurat, tapi Warga Negara Asing (WNA) malah bebas masuk, ironisnya untuk bekerja disini.

"Rezim aneh, saat spt ini rakyatnya dibatasi mencari nafkah, tapi WNA dibiarkan masuk dengan dalih Bekerja," ujar Christ Wamea di akun twitternya @PutraWadapi, Sabtu (10/7/2021).

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara mengakui tujuan TKA China tersebut datang ke Indonesia untuk membangun proyek strategis nasional smelter di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

"20 TKA tersebut merupakan calon tenaga kerja asing yang akan bekerja dalam rangka uji coba kemampuan dalam bekerja di Proyek Strategis Nasional PT Huady Nickel-Alloy Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan," kata Angga dalam keterangan tertulis, Senin (5/7/2021).

Sejauh ini, total tercatat 46 TKA asal Tiongkok telah memasuki Sulawesi Utara, termasuk 20 orang yang datang pada Sabtu (3/7/2021) tersebut, sembilan orang pada 29 Juni, dan 17 orang pada 1 Juli.