Ada Game Hancurkan Bangunan Mirip Ka'bah, Sandiaga Uno Minta Fortnite Diblokir

[PORTAL-ISLAM.ID] Game Fortnite mencuri perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Penyebabnya adalah adanya mode permainan yang mengharuskan pemain di game bergenre battle royal itu menghancurkan bangunan yang menyerupai Ka'bah.

Sandiaga Uno menginstruksikan agar game Fortnite diblokir di Indonesia karena bertentangan dengan nilai-nilai luhur, khususnya keagamaan. Game tersebut disebut dapat memicu perilaku tidak menghormati antar-umat beragama, mendorong aksi kekerasan, dan berpotensi penistaan agama.

"Lima kali sehari minimal kita menghadap Ka'bah, dari mana pun kita di dunia untuk menunaikan salat wajib atau salat sunnah. Dan di game ini saya diberitahu bahwa ada ikon yang dinilai mirip Ka'bah yang harus dihancurkan untuk mendapatkan senjata baru dan naik ke level berikutnya," kata Sandiaga dalam keterangan resmi seperti dilansir kumparan, Senin (5/7/2021).

Sandiaga pun mengaku sepakat dengan fatwa yang diterbitkan Pusat Fatwa Elektronik Universitas Al Azhar Kairo, yakni larangan bagi umat muslim untuk memainkan game Fortnite. Alasannya karena permainan tersebut telah mencederai umat muslim dan berpotensi mempengaruhi kepercayaan serta mental kalangan muda.

"Oleh karena itu kami akan menginstruksikan kepada tim untuk mengkaji dan segera mengeluarkan larangan. Kami juga ingin memberikan peringatan kepada beberapa pengembang permainan untuk berhati-hati," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Bantahan Fortnite soal bangunan mirip Ka'bah

Tim Fortnite pun melakukan klarifikasi soal munculnya bangunan mirip Ka'bah yang diminta dihancurkan oleh pemain. Mereka menjelaskan gambar Ka'bah yang beredar dalam permainan mereka, adalah dibuat oleh pemain dalam "creative mode".

Dikutip CNN Arabic, fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk dengan bebas membuat konten di "Pulau kreatif" mereka sendiri. Tim Fortnite membantah ini memungkinkan opsi untuk menghancurkan Ka'bah.

"Kami ingin menekankan bahwa tim kami menghormati semua agama dan kami bekerja sama dengan pembuat game dari para pemain kami untuk memberikan pengalaman bermain yang aman bagi semua pemain kami," tulis pernyataan Fortnite di akun Facebook resminya.

Gambar viral yang beredar dalam game Fortnite menunjukkan bangunan yang mirip dengan Ka'bah, dan di dekatnya ada karakter dari game yang membawa kapak. Karakter tersebut tampak ingin merusak bangunan tersebut. [kumparan]