Netanyahu Digulingkan Sebagai Perdana Menteri Setelah 12 Tahun Berkuasa, Ini Tanggapan Hamas

[PORTAL-ISLAM.ID] Pemimpin terlama Israel, Benjamin Netanyahu, telah resmi digulingkan dari jabatannya oleh koalisi 8 partai yang berasal dari beragam spektrum politik, yang disatukan oleh keinginan mereka untuk mengakhiri kekuasaan Netanyahu yang telah berlangsung selama 12 tahun.

Parlemen Israel Knesset memberikan suara 60-59 mendukung pemerintahan baru pada sidang hari Minggu (13/6/2021), mengakhiri masa jabatan 12 tahun berturut-turut Benjamin Netanyahu sebagai perdana menteri.

Setelah pengumuman itu, Benjamin Netanyahu menyatakan kepada Reuters: "Kami akan segera kembali." Netanyahu mengatakan dia akan bekerja di oposisi untuk "menggulingkan pemerintah berbahaya ini" dan kembali berkuasa.

Naftali Bennett yang ultra-nasionalis akan memimpin kabinet baru. Bennett, yang telah mengesampingkan negara Palestina merdeka dan ingin Israel mempertahankan kendali penuh atas semua tanah yang didudukinya, akan menjadi perdana menteri untuk dua tahun pertama dari masa jabatan empat tahun sebelum menyerahkan kepada sekutunya, Yair Lapid.
"Pemerintah perubahan" yang digambarkan sendiri -campuran politisi yang beragam ideologis dari nasionalis agama Yahudi garis keras hingga partai Islam Arab kecil- akan dilantik pada hari Minggu depan.

Menanggapi berita tersebut, juru bicara Hamas Fawzi Barhoum mengatakan, "Terlepas dari bentuk pemerintahan di Israel, itu tidak akan mengubah cara kita memandang entitas Zionis. Ini adalah pendudukan dan entitas kolonial, yang harus kita lawan dengan kekuatan untuk mendapatkan kembali hak kami."

(Sumber: MEMO)
Baca juga :