Anies Panen Padi ke Sumedang, Bukan Pencitraan Tapi Demi Warga DKI

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kunjungan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ke Sumedang untuk panen padi membawa aroma positif bagi warga Sumedang dan DKI Jakarta.

Pasalnya, pak Anies mendatangi sentra beras di Jawa Barat, untuk melakukan panen raya di Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang.

Mengutip dari kanal Facebook pak Anies (11/6/2021), beliau memaparkan terkait kunjungannya di Sumedang, yang didampingi oleh Bupati Sumedang.

“Alhamdulillah, pagi tadi melakukan panen raya bersama Bupati Sumedang, Pak Dony Ahmad Munir,” tulis pak Gubernur.

Pak Anies menjelaskan bahwa, Sumedang merupakan salah satu lumbung penghasil beras, yang memasok kebutuhan pangan warga Jakarta, melalui PT Food Station Tjipinang sebagai penyuplai dan PD. Pasar Jaya sebagai pihak yang memasarkan kebutuhan pangan tersebut.

Beliau menerangkan bahwa panen ini sebagai bentuk keseriusannya.

“Kegiatan panen ini adalah bentuk keseriusan Pemprov DKI Jakarta  dalam meningkatkan kerjasama daerah terutama di sektor pangan,” terangnya.

Beliau juga berharap petani di Sumedang bisa mendapatkan harga jual gabah yang tinggi, serta warga Jakarta mendapatkan harga beras yang terjangkau.

“Ini ikhtiar kita bersama semata-mata, agar disatu sisi, para petani disini mendapakan harga jual gabah yang lebih tinggi, sementara warga Jakarta mendapatkan harga beras yang terjangkau,” jelasnya.

“Maka, setiap keluarga atau rumah tangga di Jakarta bisa tenang jika harga pangan stabil, dikarenakan jumlah pasokan aman,” lanjut pak Anies.

Menurutnya, ini merupakan cara untuk membalas budi kepada para petani.

“Ini adalah cara kami masyarakat perkotaan untuk membalas budi kepada para petani. Karena merekalah yang selama ini bekerja senyap dan tak terlihat, namun manfaatnya kita rasakan,” ungkapnya.

Beliau berharap kerjasama ini dapat membuat petani sejahtera dan warga Jakarta mendapatkan harga beras yang stabil.

“Semoga dengan kerja sama saat ini para petani menjadi sejahtera dan kita yang di Ibu Kota bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan stabil, terima kasih pak Bupati dan para petani Sumedang,” pungkas Anies Baswedan.

Nota kesepahaman

Nota kesepahaman ini dilakukan oleh PT Food Station Tjipinang Jaya dengan PT Kampung Makmur, BUMD Kabupaten Sumedang, tentang kolaborasi pengembangan bisnis BUMD. Lalu, Perumda Pasar Jaya dengan PT Kampung Makmur, tentang pemasaran produk daerah dan UMKM serta perdagangan produk pangan lainnya.

“Usai menandatangani nota kesepahaman ini, bersama Gubernur Ridwan Kamil, dan Bupati Dony Ahmad Munir, kami melepas keberangkatan pengiriman beras sebanyak 30 ton untuk dikirim ke Jakarta secara simbolis, sebagai realisasi awal dari proses kerja sama ini,” tandas pak Anies.

Terungkap pula dua tujuan dari kolaborasi ini.

“Pertama untuk memastikan pasokan pangan di Jakarta aman dan stabil. Kedua, meningkatkan kesejahteraan para petani Sumedang karena harga gabah yang nantinya akan dibeli menjadi lebih tinggi,” tutupnya.