Anies Baswedan - Riza Patria Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Ahmad Riza Patria meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kedua pimpinan Pemprov DKI Jakarta itu dinobatkan sebagai peringkat satu Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 kategori pemerintah provinsi.

"Penghargaan Nirwasita Tantra diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinan dan pemahamannya
terhadap isu lingkungan, respons terhadap kebijakan dan aksinya menjawab persoalan lingkungan hidup, serta inovasinya dan kepemimpinannya dalam merespons persoalan lingkungan hidup," bunyi potongan caption dalam unggahan Instagram Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, @dinaslhdki, Selasa, 15 Juni 2021.

Dalam unggahan itu disebutkan, Pemprov DKI mengikuti penilaian Nirwasita Tantra didasarkan atas penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD). Dokumen itu memuat status lingkungan hidup DKI Jakarta yang disusun setiap tahun secara akuntabel dan dipublikasikan secara luas kepada masyarakat.

"Poin penting lain dalam penilainnya adalah inovasi Jakarta dalam pengelolaan lingkungan hidup yang dilakukan sebagai inisiatif dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup pada tahun 2019 dalam bentuk peningkatan kapasitas lembaga daerah dan berbagai inovasi yang dikembangkan oleh masyarakat."

Dalam ajang KLHK ini, DKI Jakarta menyabet peringkat satu sehingga Anies Baswedan dan Riza Patria memperoleh penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020. Sementara peringkat dua dan tiga ditempati oleh Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.[tempo]
Baca juga :