[ANALISA] Pergantian Presiden dan PM Israel, Akan Lebih Lemah Dihadapan Gaza

[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden baru israel Issac Herzog telah terpilih menggantikan Presiden Reuven Rivlin.

Herzog adalah presiden ke-11 israel, bapaknya dulu Chaim Herzog juga adalah presiden Israel yang ke-6.

Isaac Herzog punya asal usul berdarah Mesir, ibunya berasal dari Ismailiyah Mesir. Sedangkan bapaknya dari Irlandia. Dia masuk ke Palestina kisaran tahun 1940-an.

Israel kemungkinan bukan hanya memiliki Presiden baru, tapi juga kemungkinan akan memiliki Perdana Menteri baru pengganti Netanyahu.

Saat ini koalisi Abbas Mansour-Naftali Bennett-Yair Lapid berjalan lancar. Kemungkinan akan berhasil menyingkirkan Netanyahu dari kursi PM.

Melihat komposisi pemimpin baru Israel ini, saya punya analisa, bahwa sosok sosok yang akan memimpin israel ini kedepan jauh lebih lemah ketimbang Netanyahu-Rivlin.

Dari sisi leadership, Netanyahu memang harus diakui lebih memiliki leadership yang sangat kuat. Sedangkan Bennett dkk masih belum punya jam terbang yang setara dengan Netanyahu.

Menurut saya, sosok sosok yang akan memimpin israel kedepan justru akan lebih lemah dihadapan kekuatan musuhnya di Gaza.

Jika Netanyahu saja kewalahan menghadapi Gaza padahal dia termasuk pemimpin Israel yang kuat. maka bisa dipastikan sosok sosok baru ini akan lebih kewalahan lagi menghadapi Gaza kedepannya.

(By Tengku Zulkifli Usman)