Bela Palestina, Dua Lipa Serang Balik Iklan New York Times

[PORTAL-ISLAM.ID] Penyanyi Dua Lipa menyerang balik iklan New York Times yang menuding dirinya bersama dengan Bella dan Gigi Hadid, serta Hamas, mendukung Holocaust kedua karena membela Palestina dalam konflik Israel-Palestina beberapa hari terakhir.

Pada hari Sabtu, 22 Mei 2021, surat kabar New York Times memuat iklan satu halaman penuh yang menyerang Dua Lipa dan Hadid bersaudara setelah setelah ketiganya vokal mendukung Palestina.

"Bella, Gigi dan Dua, Hamas menyerukan Holocaust kedua. KUTUK MEREKA SEKARANG," tulis judul iklan NYT.

Iklan itu menampilkan foto ketiganya di atas gambar serangan roket dari Hamas, dan disertai dengan teks panjang yang mencoba menghubungkan tiga bintang ini dengan antisemitisme, genosida dan terorisme.

Iklan tersebut diketahui merupakan pesanan dari the World Values Network, yang dikepalai oleh Rabbi Shmuley Boteach. Lembaga itu menyebut Dua Lipa-Bella dan Gigi Hadid sebagai "mega-influencer" yang "menuding Israel melakukan pembersihan etnis" dan "memfitnah Negara Yahudi".

Atas tudingan dalam iklan tersebut, Dua Lipa pun buka suara pada Minggu (23/5/2021). Ia menyerang balik tudingan the World Values Network sebagai "mengerikan" dan lembaga itu "tak malu".

"Saya benar-benar menolak tuduhan palsu dan mengerikan yang diterbitkan hari ini di iklan New York Times oleh World Values Network," kata Dua Lipa dalam pernyataannya di media sosial.

"Ini adalah harga yang dibayar untuk membela hak manusia Palestina melawan pemerintah Israel yang tindakannya baik oleh Human Rights Watch maupun kelompok hak asasi manusia Israel B'Tselem dianggap sebagai penganiayaan dan diskriminasi," lanjutnya.

"Saya mengambil sikap ini karena saya percaya bahwa setiap orang, Yahudi, Muslim, dan Kristen, memiliki hak untuk hidup damai sebagai warga negara yang setara di negara yang mereka pilih," kata Dua Lipa.

"World Values Network tak malu menggunakan nama saya untuk memajukan kampanye buruk mereka dengan kebohongan dan kesalahan penafsiran yang terang-terangan atas siapa saya dan apa yang saya perjuangkan," katanya.

"Saya berdiri dalam solidaritas dengan semua orang yang ditindas dan menolak segala bentuk rasisme," kata Lipa.

Gigi dan Bella Hadid diketahui membela masyarakat Palestina dalam peperangan negara itu melawan Israel beberapa hari terakhir. Keduanya merupakan keturunan Palestina dari ayah mereka, Mohammad Hadid.

Dua Lipa juga ikut membela masyarakat Palestina pada beberapa waktu lalu dengan mengunggah kutipan dari senator AS Bernie Sanders yang menyalahkan tindakan ekstremis sayap kanan Israel karena mengirimkan ketegangan dan memicu konflik lain antara Israel dan Palestina.

New York Times juga dikecam karena menampilkan iklan tersebut.

"Shame on the the @nytimes for running this ad," tulis Dena Takruri (@Dena).